Selandia Baru

LUAS : 268.021 kilometer persegi.

IBU KOTA : Wellington.

Hal-hal Dan Fakta Menarik Tentang Selandia Baru

  • Selandia Baru merupakan salah satu negara Barat berbahasa Inggris yang dekat dengan Indonesia.
  • Kondisi sosial ekonomi yang stabil.
  • Masyarakat dan budaya Selandia Baru yang bersifat terbuka untuk orang asing.
  • Mutu pendidikan yang tinggi dan diakui internasional.
  • Lingkungan hidup dan belajar yang nyaman dan aman
  • Biaya studi terjangkau dengan pendidikan berkualitas tinggi.
  • Ijin bekerja part-time 20 jam per-minggu saat masa belajar dan full-time 40 jam saat liburan belajar.
  • Merupakan negara modern dan memiliki banyak tempat wisata alam yang sangat indah.
  • Dengan jumlah penduduk 4 juta jiwa dan kepemilikan 2,5 juta mobil, termasuk anak-anak, Selandia Baru merupakan salah satu Negara dengan tingkat kepemilikan mobil tertinggi di dunia.
  • Selandia Baru termasuk dalam salah satu negara terbaik misalnya pada Indeks Pembangunan Manusia.
  • Selandia Baru adalah salah satu dari tiga Negara yang memiliki dua Lagu Nasional resmi. Yang pertama adalah "God Save the Queen" (lagu kebangsaan Inggris) dan yang lainnya adalah "God Defend New Zealand".

Biaya Hidup

Biaya hidup di Selandia Baru bervariasi sesuai dengan kota di mana penduduk tinggal dan gaya hidup masing-masing pribadi. Untuk kebutuhan hidup setiap pelajar umumnya membutuhkan biaya berkisar antara NZD 1.500 s/d NZD 1.800 per-bulan. Biaya ini meliputi biaya akomodasi, konsumsi, transportasi, telekomunikasi dan keperluan sehari-hari lainnya.

Ketentuan Belajar Di Selandia Baru

1. Visa Pelajar & Asuransi Kesehatan

Visa pelajar Selandia baru berlaku selama 1 tahun dan dapat diperpanjang sendiri setiap tahun. Pelajar diijinkan untuk bekerja part-time sebanyak 20 jam per-minggu dan full-time pada masa liburan semester. Post-study work visa (open) akan diberikan kepada pelajar setelah menyelesaikan studi sebanyak 12 bulan untuk mencari pekerjaan yang berhubungan dengan bidang keilmuan. Setelah mendapatkan pekerjaan, pemberi kerja bisa membantu memberikan surat referensi sehingga pelajar bisa mendapatkan visa kerja untuk 2 tahun.

2. Akomodasi

Para pelajar internasional di Selandia Baru memiliki berbagai pilihan akomodasi seperti asrama sekolah, menyewa apartemen hingga homestay (menetap bersama penduduk setempat).

3. Kerja Sambilan

Para pelajar di Selandia Baru dapat bekerja part-time 20 jam per-minggu selama masa belajar dan bekerja full-time 40 jam selama masa liburan. Keuntungan lain apabila telah lulus, pelajar internasional masih diperbolehkan bekerja selama 1 tahun.

Untuk bisa kerja sambilan (part-time), pelajar diharuskan mendapat ijin dari kantor imigrasi Selandia Baru. Dan setelah mendapatkan ijin umumnya pelajar akan mendapatkan gaji sekitar NZD 8 s/d NZD 15 per-jam untuk kerja sambilan (part-time).

Pendidikan di Selandia Baru

NEW ZEALAND QUALIFICATION AUTHORITY (NZQA)

Sistem pendidikan di Selandia Baru meenganut sistem pendidikan Inggris yang sudah diakui di dunia. Semua lembaga pendidikan baik negeri maupun swasta diatur oleh suatu badan dari Kementrian Pendidikan yang bernama NZQA.

NZQA ini didirikan dengan tujuan mengembangkan dan menjamin kualitas program pendidikan yang diselenggarakan oleh Institusi Pendidikan selain Universitas seperti Sekolah Keguruan, Institut Teknologi, Politeknik dan Lembaga Pendidikan lainnya.

1. Sekolah Dasar & Menengah

Pendidikan Sekolah Dasar di Selandia Baru dimulai dari umur 5 tahun. Setiap tahun akademik dimulai pada bulan Januari dan berakhir pada bulan Desember.

Lamanya pendidikan dasar dan menengah di Selandia Baru sekitar 13 tahun. Untuk tingkat Primary School sampai dengan usia 8 tahun (Year 8), yang kemudian dilanjutkan Secondary School sampai usia 13 tahun (Year 13). Dan pelajar meneruskan ke Secondary School hingga selesai akan mendapatkan kualifikasi NCEA (National Certificate of Educational Achievement) yang diakui di seluruh Selandia Baru.

Selandia Baru menerapkan wajib belajar sampai dengan usia 10 tahun (Year 10). Setelah Year 10, pelajar boleh meneruskan ke jenjang Diploma untuk mendalami keahlian tertentu sesuai yang diminati.

2. Institut Teknologi & Politeknik (ITP)

Pelajar dapat meneruskan studi mengambil pendidikan dan pelatihan setelah usia 10 tahun (Year 10). Mereka yang lulus akan mendapatkan Certificate, Diploma ataupun Bachelor Degree di Institut Teknologi dan Politeknik yang ada di Selandia Baru.

Program-program yang ditawarkan di Selandia Baru mengutamakan pengalaman dan aplikasi praktis dalam situasi kerja, seperti bidang pertanian, seni dan desain, media, bangunan dan konstruksi, perhotelan dan pariwisata. Semua program dikembangkan dengan baik dan diselenggarakan relevan, terkini dan inovatif. Lulusan pendidikan kejuruan ini akan memperoleh status setara dengan gelar dari Universitas.

Biaya yang dibutuhkan untuk mengikuti pendidikan di Institut Teknologi & Politeknik berkisar antara NZD 15.000 s/d NZD 20.000 per-tahun.

3. Program Sarjana (Undergraduate Degree) & Program Pascasarjana (Postgraduate Degree)

Selandia Baru memiliki 8 Universitas yang tersebar di beberapalokasi dan menawarkan lingkungan belajar yang menarik serta kualifikasi bermutu tinggi, mulai dari tingkat Sarjana sampai Pascasarjana dalam studi Akademik dan Profesional.

Biaya kuliah di Universitas untuk jenjang Undergraduate berkisar antara NZD 20.000 s/d NZD 25.000 per-tahun (tergantung dari jurusan yang diambil). Sedangkan untuk jenjang Postgraduate berkisar NZD 22.000 s/d NZD 28.000 per-tahun.

Lokasi Selandia Baru

Negara Selandia Baru terletak di sebelah Tenggara dari benua Australia. Selandia Baru terdiri dari 2 pulau utama yaitu pulau Utara dan pulau Selatan, dengan sejumlah pulau yang lebih kecil, terletak di dekat pusat belahan lautan.
Pulau Utara dan Pulau Selatan dipisahkan oleh Selat Cook, selebar 22 kilometer di celah tersempitnya. Di samping Pulau Utara dan Pulau Selatan terdapat 5 pulau terbesar yang dihuni, yaitu pulau Stewart, pulau Chatham, pulau Great Barrier (di Teluk Hauraki), pulau d'Urville (di Marlborough Sounds) dan pulau Waiheke (kira-kira 22 kilometer dari Auckland tengah).

Iklim

Selandia Baru terletak di belahan bumi bagian selatan dan memiliki musim yang bervariasi. Di bagian Utara beriklim subtropis dan bagian Selatan beriklim sedang.
Selandia Baru memiliki 4 musim dengan periode yang berlawanan dengan musim di negara Eropa dan Amerika.

Zona Waktu

Di Selandia Baru yang memiliki 2 zona waktu , memperlakukan Daylight Saving Time di musim panas dari minggu terakhir September sampai minggu pertama April, dimana juga ada penyesuaian waktu menjadi 1 jam lebih awal.
Dua zona waktu yang berlaku di Selandia Baru adalah sebagai berikut :

  • New Zealand Standard Time (NZST): GMT +12 atau Indonesia WIB+5.
  • Chatham Standard Time (CHAST): GMT +12:45 atau Indonesia WIB+5:45.

Masyarakat Selandia Baru

Sebagian besar penduduk Selandia Baru berasal dari keturunan Eropah, diikuti oleh suku Maori. Bahasa kenegaraannya adalah bahasa Inggris disamping bahasa Maori yang merupakan bahasa asli penduduk Selandia Baru.

Selandia Baru adalah negara yang didominasi oleh kawasan perkotaan, dengan 72 persen populasi tinggal di 16 kawasan perkotaan utama, dan 53% tinggal di 4 kota yaitu Auckland, Christchurch, Wellington, dan Hamilton.

Transportasi Di Selandia Baru

Sistem transportasi di Selandia Baru sangat bervariasi dari kendaraan pribadi, transportasi umum (bis dan kereta) hingga kapal feri antar pulau. Bis merupakan salah satu transportasi dalam kota yang banyak digunakan penduduk di negara ini. Ongkos bis berkisar dari NZD 1.5 s/d NZD 3 per-sektor. Sementara untuk perjalanan jarak jauh antar kota lain, masyarakat lebih banyak menggunakan kereta api. Kapal feri banyak digunakan untuk perjalanan antar pulau. Dan untuk perjalanan antar pulau bisa menggunakan transportasi udara penerbangan.

Untuk pelajar Indonesia diizinkan untuk mengendarai kendaraan di Selandia Baru dengan menggunakan SIM Internasional atau SIM Indonesia yang masih berlaku selama 12 bulan sejak kedatangannya. SIM Indonesia tersebut harus diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris terlebih dahulu. Setelah melewati masa 12 bulan, pelajar internasional di Selandia Baru wajib mengajukan New Zealand driving license yang dapat diperoleh setelah mengikuti tes tertulis mengenai peraturan di jalan raya dan melengkapi persyaratan lainnya yang berlaku saat itu.

Sistem Pemerintahan

Sistem pemerintahan Selandia Baru adalah Monarki Konstitusional dengan Parlementer Demokrasi, yang dipimpin oleh seorang Gubernur dan seorang Perdana Menteri sebagai perwakilan dari Ratu Inggris. Dan Ratu Elizabeth II adalah kepala negara yang diberi gelar Ratu Selandia Baru.

Alam Selandia Baru milik ratu adalah meliputi juga Tokelau (sebuah wilayah dependensi), Kepulauan Cook dan Niue (memerintah-sendiri tetapi dalam asosiasi bebas) dan Dependensi Ross, yang merupakan klaim wilayah di Antarktika.
Selandia Baru adalah anggota Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik, Negara-Negara Persemakmuran, Organisasi untuk Kerjasama dan Pengembangan Ekonomi, Forum Kepulauan Pasifik, dan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Tujuan Wisata

Kanada memiliki berbagai tujuan wisata menarik mulai dari wisata alam, budaya hingga kaya akan hiburan. Alamnya yang indah, kemajuan teknologi, infrastruktur yang tertata hingga penduduknya yang multi-budaya menjadikan Kanada sebuah negara wisata dunia.
Berikut ini adalah beberapa tempat wisata menarik :

1. North Island

Mitologi mengatakan bahwa Pulau Utara dan Selatan di Selandia Baru berasal dari masa Maui, yang disebut sebagai manusia setengah dewa. Auckland dan Hamilton adalah dua kota besar di Pulau Utara yang mempunyai nama dalam bahasa Maori sebagai Te Ika-a-Maui yang berarti ikan daripada Maui..

2. South Island

Untuk Pulau Selatan, nama Maori nya adalah Te Wai Pounamu yang berarti Air Batu Hijau. Pulau di mana kota Christchurch berada ini juga merupakan salah satu pulau terbesar ke-12 di dunia. Pulau Selatan lebih sedikit populasinya dibandingkan Pulau Utara, tetapi memiliki banyak sekali tujuan wisata, baik itu olahraga musim dingin, cagar alam dan taman hutan, sampai dengan kekayaan natural seperti glacier, danau, gunung berapi dan juga bermacam burung dan ikan paus.

3. Rotorua atau Central North Island

Rotorua adalah sebuah kota di tepi selatan Danau Rotorua di area Bay of Plenty di Pulau Utara, yang terkenal karena aktivitas geotermalnya. Terdapat sejumlah gletser yang terkenal dan kolam lumpur panas di kota ini. Selain itu, terdapat juga taman-taman botanic dan arsitektur bersejarah. Kota yang menawarkan spa alami ini juga memenangkan penghargaan sebagai kota terindah di Selandia Baru selama 5 kali, rekor terakhir di tahun 2009. Selain itu, Institut tersier terbesar di luar pusat Universitas pun berada di kota ini, yaitu Waiariki Institute of Technology.

Ibukota dari provinsi British Columbia ini yaitu Victoria yang terletak di pulau Vancouver, merupakan salah satu dari Kepulauan Arctic Kanada di Nunavut dan Teritori Northwest Kanada sekaligus pulau terbesar di dunia. Kota Victoria dikenal sebagai kota pelabuhan yang banyak mempunyai nilai sejarah dan budaya. Dan di kota Victoria ini terdapat taman bunga (Buchart Garden) yang mempunyai ribuan jenis tamanan bunga sebagai salah satu taman bungan terindah di dunia.

4. Auckland

Daerah perkotaan terbesar dan paling padat penduduknya di negara itu dengan 1.354.900 penduduk, atau 31 persen dari total populasi Selandia Baru. Auckland juga memiliki penduduk Polinesia terbesar dari kota manapun di dunia.

CESschoollogo
USCommercelogo
DewanBahasaInggrisIndologo
Cambridgelogo