Malaysia

LUAS : 329.847 kilometer persegi.

IBU KOTA : Kuala Lumpur.

Hal-hal Dan Fakta Menarik Tentang Malaysia

  • Malaysia adalah negara dengan masyarakat multi-suku, multi-budaya, dan multi-bahasa.
  • Kondisi ekonomi yang stabil.
  • Mutu pendidikan yang baik dan diakui internasional.
  • Biaya studi dan biaya hidup yang sangat terjangkau.
  • Ijin bekerja part-time 20 jam per-minggu saat libur belajar.
  • Bidang kedokteran di Malaysia memiliki reputasi yang baik.

Malaysia adalah anggota perintis ASEAN dan turut serta di berbagai organisasi internasional, seperti PBB. Sebagai bekas jajahan Inggris, Malaysia juga menjadi anggota Negara-Negara Persemakmuran. Malaysia juga menjadi anggota D-8 (Developing-8), yakni sebuah kesepakatan untuk kerjasama pembangunan delapan negara anggotanya: Bangladesh, Indonesia, Iran, Malaysia, Mesir, Nigeria, Pakistan, dan Turki

Biaya Hidup

Seperti di Indonesia, biaya hidup di negara ini cukup relatif murah bila disetarakan dengan pendapatan per kapita umumnya. Pelajar yang hendak menetap di Malaysia harus diperhitungkan anggaran biaya untuk akomodasi, konsumsi, transportasi, telekomunikasi, perlengkapan alat tulis, medis dan layanan kesehatan, asuransi dan biaya pribadi. Biaya hidup untuk pelajar umumnya berkisar antara RM 15.000 s/d RM 18.000 per-tahun, dan hal ini tidak luput dari gaya hidup masing-masing pribadi.

Ketentuan Belajar Di Malaysia

1. Visa Pelajar & Asuransi Kesehatan

Departemen Pendidikan Malaysia sejak Januari 2014 memberikan peraturan baru bagi pelajar internasional yang mendaftar belajar ke Universitas di Malaysia diharuskan untuk memiliki asuransi kesehatan, mengambil mata kuliah Bahasa Malaysia dan memiliki kartu pelajar serta surat penerimaan masuk dari Universitas sebelum dapat mengajukan permohonan visa. Setelah semua memenuhi syarat dan disetujui, pelajar akan mendapatkan visa on arrival di bagian imigrasi di bandara di Malaysia.

Pihak Universitas akan mengurus aplikasi Student Pass Application pelajar yang diterima. Student Pass ini berguna untuk tiket masuk sebagai pelajar. Aplikasi permohonan Student Pass harus sudah disetujui sebelum pelajar tiba di Malaysia. Calon siswa/pelajar harus membawa dokumen yang menyatakan bahwa permohonan Student Pass telah disetujui serta membawa surat penerimaan masuk dari Universitas.

Pihak Universitas akan membantu calon siswa mengurus proses penerbitan Student Pass di Departemen Imigrasi. Biaya penerbitan Student Pass bervariasi mulai dari RM 15 s/d RM 90 tergantung dari negara asal pelajar. Student Pass harus diperbaharui setiap tahunnya dan dikenakan biaya perpanjangan sebesar RM 50.

Institusi pilihan pelajar perlu mewakili calon siswa untuk menanda-tangani Personal Bond (serupa dengan surat jaminan / tanggungan). Untuk pelajar dari Indonesia akan dikenakan biaya sebesar RM 500 dan akan dikembalikan setelah masa belajar selesai.

2. Akomodasi

Malaysia menyediakan beberapa akomodasi bagi pelajar internasional sebagai berikut :

(a). Akomodasi di dalam kampus (On-Campus Accommodation)

Kebanyakan Universitas menyediakan akomodasi dalam kampus bagi pelajar-pelajar internasional. Akomodasi dalam kampus Malaysia termasuk sangat leluasa dan dilengkapi dengan fasilitas yang memuaskan dengan harga yang terjangkau oleh para pelajar.
Biaya akomodasi dalam kampus antara RM 350 s/d RM 650 per-bulan, tergantung lokasi, Universitas yang dipilih dan kelengkapan fasilitas. Dengan tinggal di lingkungan kampus, pelajar bisa menghemat biaya transportasi karena kebanyakan kampus di Malaysia menyediakan layanan bis antar jemput gratis untuk Universitas dan daerah sekitarnya.

(b). Akomodasi di luar kampus (Off-Campus Accommodation)

Biaya sewa tempat tinggal di Malaysia termasuk rendah jika dibandingkan dengan negara-negara lain. Sebagai perkiraan biaya sewa per-bulan di daerah Bandar Sunway dan Subang Jaya :

Kamar RM 250 s/d RM 400
Kondominium / Apartemen RM 700 s/d RM 1.500
Rumah Dua Lantai RM 1.200 s/d RM 2.000

Informasi mendetil mengenai akomodasi bisa ditemukan di papan pengumuman di dalam area kampus atau minimarket sekitar kampus dimana biasanya para pelajar yang akan segera lulus menawarkan kamar mereka untuk disewa. Par apelajar juga bisa mendapatkan informasi akomodasi di agen properti, atau di situs-website perumahan.

3. Kerja Sambilan

Pelajar internasional yang memiliki Student Pass diperbolehkan bekerja paruh waktu (part time), selama liburan sekolah, biasanya saat liburan semester atau liburan lebih dari 7 hari. untuk pilihan tempat kerja bagi pelajar memang cukup terbatas yaitu restoran, pom bensin, supermarket, dan hotel.

Untuk mendapat ijin bekerja paruh waktu (part time), para pelajar harus mengajukan surat pengajuan ke pihak imigrasi Malaysia melalui pihak sekolah. Adapun biaya aplikasi dikenakan sebesar RM 120. Dan setelah mendapatkan ijin para pelajar bisa bekerja dengan salary yang didapatkan selama kerja paruh waktu (part time) sekitar RM 4 s/d RM 8 per-jam.

Pendidikan di Malaysia

1. Sekolah Dasar & Menengah

Sistem pendidikan di Malaysia mengenal beberapa macam tipe sekolah yaitu Sekolah Menengah Kebangsaan yang memakai bahasa Melayu sebagai pengantar, dan Sekolah Jenis Kebangsaan yang menggunakan bahasa Inggris, Mandarin ataupun Tamil sebagai pengantar.

Umumnya lama pendidikan dasar di Malaysia sama dengan di Indonesia yaitu 6 tahun jenjang pendidikan. Pada akhir tahun keenam, pelajar akan mengikuti UPSR (Ujian Penilaian Sekolah Rendah). Apabila pelajar lulus UPSR dapat meneruskan ke Sekolah Menengah yang terbagi menjadi 2 tingkat. Tingkatan 1 sampai 3 disebut dengan Menengah Rendah atau Form 1-3, sedangkan Tingkatan 4 sampai 5 disebut Menengah Atas atau Form 4-5 di mana pelajar ditawarkan program khusus seperti sains, sastra dan teknikal.

2. Program Tingkat Enam (Form 6)

Di Tingkatan Enam (Form 6) setelah Sekolah Dasar, pelajar diberikan 2 pilihan program yaitu Sains atau Sastra, yang berlangsung selama 1 tahun 6 bulan. Ujian akhir dari tingkatan ini menentukan masuk tidaknya pelajar ke jenjang Universitas, ujian ini adalah Ujian Umum STPM (Sijil Tinggi Persekolahan Malaysia).

3. Pendidikan Pra-Universitas

Pendidikan Pra-Universitas merupakan pendidikan lanjutan setelah pendidikan Sekolah Menengah dimana pelajar dipersiapkan untuk memasuki Universitas eperti Tingkatan Enam (Form 6), Matrikulasi dan Pendidikan Luar. Ujian SPM (Sijil Pelajaran Malaysia) diadakan sebagai syarat penerimaan pendidikan Pra-Universitas ini.

Biaya untuk Program Pra-Universitas (Foundation) rata-rata sekitar RM 15.000 s/d RM 20.000 per-tahun.

4. Program Matrikulasi

Malaysia mengenal program Matrikulasi, dimana lulusan dari program foundation ini akan mendapatkan sertifikat kelulusan yang hanya berlaku di Universitas di Malaysia.

5. Program Sarjana Profesional (Undergraduate Degree)

Malaysia merupakan pelopor program twinning pada tahun 1980an, bekerjasama dengan Universitas luar negeri baik USA, UK, Perancis, New Zealand, Jerman, Australia dan negara lain-lainnya.

Program ini lebih dikenal sebagai 2+1, dimana pelajar setelah menyelesaikan 2 tahun program pembelajaran dalam negeri, mereka dapat melanjutkan tahun berikutnya di Institusi luar negeri untuk mendapatkan gelar Sarjana.

Selain program 2+1, ada juga program 3+0 dari Universitas luar negeri melalui Institusi swasta berlokasi di Malaysia. Dalam program 3+0, Universitas luar negeri memberikan ijin dan merupakan partner bagi Lembaga Pendidikan / Institusi yang bertempat di negara asal.

Biaya kuliah di Universitas berkisar antara RM 20.000 s/d RM 25.000 per-tahun.

6. Program Pascasarjana Profesional (Postgraduate Degree)

Seperti program Sarjana yang tersedia, program Pascasarjana di Malaysia juga bekerja-sama dengan Universitas ternama di dunia sehingga pelajar dapat menyelesaikan studi di Malaysia dan kemudian membawa pulang ijazah / prestigious certificate dari Universitas ternama di Australia dan Inggris.
Program Pascasarjana ini terdiri dari Graduate Diploma (1 tahun), Master Degree (1-2 tahun) dan Doctoral Degree (3-4 tahun).

Malaysia merupakan salah satu negara tujuan favorit untuk program Pascasarjana. Biaya kuliah untuk program Pascasarjana berkisar antara RM 30.000 s/d RM 60.000 per-tahun.

Lokasi Malaysia

Malaysia memiliki 2 wilayah utama, yaitu di semenanjung Malaka (Malaysia Barat) dengan ibukota Kuala Lumpur, dan yang kedua di bagian utara daripada pulau Kalimantan (Malaysia Timur) dengan ibukota Kuching.
Malaysia berbatasan dengan Thailand, Indonesia, Singapura, Brunei, dan Filipina.

Iklim

Malaysia terletak di dekat khatulistiwa dan beriklim tropika sama seperti Indonesia, hangat dan lembab sepanjang tahun. Suhu rata-rata Malaysia sekitar 22 derajat Celcius sampai 33 derajat Celcius. Seperti Negara Asia Tenggara lainnya, hujan pun dirasakan setiap tahun dengan curah hujan paling besar pada bulan April dan Oktober.

Zona Waktu

Zona waktu Malaysia adalah GMT+8 atau 1 jam lebih cepat dari Waktu Indonesia Barat (WIB+1).

Masyarakat Malaysia

Penduduk Malaysia berjumlah lebih dari 28 juta jiwa. Penduduk Malaysia terdiri dari berbagai kelompok suku, dengan Suku Melayu menjadi ras terbesar di Negara ini dan suku asli (aborigin) di Sabah dan Sarawak yang berjumlah sekitar 11% dari keseluruhan penduduk.

Bahasa kebangsaan Malaysia adalah bahasa Melayu, dan bahasa Inggris banyak digunakan sebagai bahasa kedua. Bahasa lain yang sering dipergunakan dalam percakapan sehari-hari adalah bahasa Mandarin, Kanton, Hokkien, Tamil dll.

Transportasi Di Malaysia

Sistem transportasi umum yang dipergunakan penduduk di Malaysia beragam, seperti LRT (Light Rapid Transit), bis dan taksi yang harganya terjangkau oleh masyarakat luas. Tarif LRT sekitar RM 1 s/d RM 2,5, sedangkan bis bisa mencapai harga RM 5 tergantung dari jarak yang ditempuh. Untuk taksi, tarif RM 3 dikenakan untuk kilometer pertama, dan RM 0,10 per-200 meter. Untuk booking taxi yang cepat, sekarang sudah ada aplikasi Myteksi, Taxi Monger, dan Easy Taxi.

Sistem Pemerintahan

Pemerintah Malaysia menjalankan sistem pemerintahan Monarki Konstitusional. Kepala negara Malaysia adalah Yang di-Pertuan Agong dan pemerintahannya dikepalai oleh seorang Perdana Menteri.
Yang di-Pertuan Agong dipilih dari dan oleh sembilan Sultan Negeri-Negeri Malaya, untuk menjabat selama 5 tahun secara bergiliran, empat pemimpin negeri lainnya, yang bergelar Gubernur, tidak turut serta di dalam pemilihan.

Secara administratif, Malaysia memiliki 13 negara bagian (11 di Malaysia Barat dan 2 di Malaysia Timur) dan 3 wilayah persekutuan (semua 3 wilayah persekutuan digabungkan menjadi satu dalam bendera Malaysia) yang dilambangkan sebagai 14 jalur dan sudut bintang di Bendera Malaysia yang dinamakan "Jalur Gemilang".

Kuala Lumpur adalah ibukota resmi dan kota terbesar di Malaysia. sementara Putrajaya sebagai ibukota administratif pemerintahan persekutuan Malaysia.

Tujuan Wisata

1. Kuala Lumpur

Kuala Lumpur sebagai ibu kota negara, memiliki gedung landmark kebanggaan Petronas Twin Tower, dimana di dalam menara Petronas yang disebut juga menara KL mempunyai banyak tempat belanja popular seperti Suria KLCC, Berjaya Times Square, KL Sogo dll. Disamping itu Kuala Lumpur mempunyaoi lokasi untuk wisata kuliner yangterletak di jalan Alor. Kuala Lumpur juga mempunyai daerah Pecinan (Chinatown) yang berlokasi di Petaling Street.

2. Genting Highland

Genting atau Tanah Tinggi Genting adalah puncak gunung dari pegunungan Titiwangsa di Malaysia. Wilayah ini dikenal sebagai Las Vegas Malaysia, dan merupakan satu-satunya tempat perjudian yang disahkan di Malaysia. Pada tahun 2005 Genting dipilih menjadi "World's Learning Casino Resort in November 2005" oleh World Travel Awards.

3. Sunway Lagoon

Sunway Lagoon berada di Petaling Jaya, yang merupakan salah satu tempat wisata yang terbesar di Kuala Lumpur. Area bermain bagi keluarga yang sangat luas dan lengkap dibuka sejak tahun 1993. Wilayah ini memiliki banyak fasilitas hiburan mulai dari hotel yang nyaman dan berstandar internasional, tempat berbelanja, tempat rekreasi, theme parks dan water parks.

4. Langkawi Island

Pulau Langkawi merupakan salah satu wilayah andalan pariwisata Malaysia. Pulau ini dikenal sebagai Geopark pertama di Asia Pasifik yang dilindungi oleh UNESCO, pulau yang berada di Utara Malaysia ini sangat terkenal akan pantainya yang indah. Bagi yang suka berbelanja, tempat ini sangat tepat untuk dikunjungi, karena banyak barang-barang impor yang dapat dibeli tanpa pajak (free tax) dan relatif murah.

5. Pangkor Laut

Pangkor Laut merupakan tujuan wisata pulau tropis terkenal di dunia. Dari Pangkor dapat menuju salah satu pantai terbaik di Selat Malaka. Kapal pesiar juga tersedia bagi yang mau menyewa untuk menikmati indahnya matahari terbenam. Menikmati makan malam di Emerald Bay akan memberikan pemandangan dan pengalaman romantis.

6. Penang, Sabah, Sarawak

Kota Penang yang terdapat di pulau Penang merupakan kota terkaya dan termaju di Malaysia. Selain itu juga terkenal sebagai tempat makanan paling enak di Malaysia, seperti laksa dan mie Hokkien.

Sabah adalah negara bagian terbesar kedua setelah Sarawak. Ibukota Sabah adalah Kinabalu. Tempat yang menjadi eco-tourism ini mempunyai Gunung Kinabalu yang dikenal dengan Taman Nasional Kinabalu, dan Suaka Margasatwa yang menjadi pusat tujuan wisata yang banyak diminati oleh para turis.

Sarawak merupakan salah satu dari dua Negara Bagian Malaysia di pulau Borneo, negara bagian ini beribukota Kuching. Daerah ini termasuk sabah tercatat dalam daftar Dewan Keamanan PBB sebagai wilayah Non-Self-Governing Territories.

CESschoollogo
USCommercelogo
DewanBahasaInggrisIndologo
Cambridgelogo