KANADA

LUAS : 9.984.670 kilometer persegi.

IBU KOTA : Ottawa.

Hal-hal Dan Fakta Menarik Tentang Kanada

  • Negara yang sangat aman dengan tingkat kriminalitas paling rendah.
  • Kondisi sosial yang stabil.
  • Masyarakat dan budaya Kanada yang bersifat multi-budaya.
  • Mutu pendidikan yang tinggi dan diakui secara internasional, serta didukung oleh pemerintah Kanada dalam bentuk dana
  • Lingkungan hidup dan belajar yang nyaman dan aman
  • Biaya studi yang sangat kompetitif.
  • Izin bekerja sambilan selama 20 jam per-minggu saat masa Sekolah dan selama 40 jam per-minggu saat liburan Sekolah.
  • Kesempatan untuk bekerja full-time maksimum 3 tahun di Kanada setelah kelulusan, dan tergantung dari lamanya durasi program akademis yang diambil
  • Kesempatan mendapatkan Permanent Residence setelah lulus lebih besar di sini dibandingkan dengan negara lain.
  • Sebuah Negara yang penuh dengan keindahan alamnya yang bervariasi.

Biaya Hidup

Biaya hidup seperti layaknya di tempat lain bervariasi sesuai dengan kota di mana penduduk tinggal dan gaya hidup masing-masing pribadi. Rata-rata yang diperlukan oleh setiap pelajar umumnya berkisar antara CAD 25.000 s/d CAD 30.000 per-tahun. Biaya ini meliputi biaya akomodasi, konsumsi, transportasi, telekomunikasi dan keperluan sehari-hari lainnya.

Ketentuan Belajar Di Kanada

1. Visa Pelajar

Visa pelajar harus dimiliki oleh pelajar Internasional sebagai ijin tinggal dan belajar di Kanada. Awalnya entry visa akan diberikan sebagai izin masuk, lalu setelah sampai di Kanada pelajar akan diberikan study permit pertanda izin tinggal sementara di Kanada dengan status pelajar

2. Akomodasi

Kebanyakan Sekolah di Kanada menawarkan berbagai pilihan dan kemudahan untuk tempat tinggal pelajarnya. Namun pilihan homestay merupakan pilihan yang tepat untuk pelajar internasional yang ingin memperbaiki bahasa Inggris dan atau Perancis mereka; juga merasakan lingkungan dan situasi yang ramah dan bersahabat dari host family.

3. Kerja Sambilan

Pada saat ini, visa pelajar yang baru dikeluarkan bagi pelajar Internasional yang berkuliah di Universitas Negeri langsung memiliki izin bekerja baik di kampus maupun di luar kampus setelah 6 bulan bersekolah (tergantung dari nilai pelajaran siswa tersebut). Bagi yang bersekolah di Institusi Swasta, bekerja di luar kampus memerlukan surat ijin bekerja tersendiri. Pelajar full-time dan tanggungannya (student dependent) dapat mengambil kerja sambilan maksimal 20 jam per-minggu selama masa kuliah dan bekerja full-time 40 jam selama masa liburan. Standar gaji minimum yang didapatkan selama kerja sambilan adalah CAD 10 per-jam. Setelah lulus dari program akademis, siswa akan memperoleh kesempatan kerja di Kanada sampai dengan 3 tahun.

Dengan demikian apabila masa studi program akademisnya 4 tahun, maka kesempatan kerja adalah 3 tahun. Apabila masa studi selama 2 tahun maka kesempatan kerja adalah 3 tahun. Sedangkan untuk program studi 1 tahun, maka kesempatan kerja hanya 1 tahun

Pendidikan di Kanada

1. Sekolah Dasar & Menengah

Sistem pendidikan di Kanada mencakup sekolah yang dibiayai Pemerintah maupun Swasta, mulai dari Taman Kanak-Kanak sampai dengan Pra-Universitas. Pendidikan adalah tanggung jawab provinsi di bawah Undang-Undang Kanada, sehingga terdapat perbedaan dalam sistem pendidikan di berbagai provinsi. Secara umum, lamanya pendidikan dasar dan menengah di Kanada yaitu 11, 12 atau 13 tahun tergantung pada provinsinya.

Dari sini pelajar dapat meneruskan ke Universitas dan Perguruan Tinggi, atau di Quebec mereka dapat melanjutkan di CEGEP (Collége d’enseignement gènèral et professionnel) yang berarti Perguruan Tinggi Pendidikan Umum dan Kejuruan. Semua Universitas di Kanada adalah milik pemerintah, program yang ditawarkan mulai dari Undergraduate hingga Doctorate dan biasanya dimulai pada bulan September

2. College & Technical Institute / Politeknik

Pilihan paling popular di Kanada adalah College dan Technical Institute, karena menawarkan program profesional 1 hingga 3 tahun yang termasuk magang kerja. Di dalamnya juga ditawarkan program University Transfer Program (UTP), yang memberikan peluang bagi pelajar untuk mendapatkan program sarjana (Bachelor Degree) di Universitas. Transfer kredit nilai dari dua tahun pertama di College atau University College akan menjadi bekal bagi pelajar tersebut.

Biaya untuk College dan Technical Institute berkisar antara CAD 14.000 s/d CAD 17.000.

3. Universitas

Universitas di Kanada dikenal secara internasional untuk kualitas pengajaran dan penelitian. Gelar Sarjana dan Pascasarjana dari Universitas di Kanada dianggap setara dengan Universitas lain di Amerika Serikat dan negara-negara Persemakmuran (Commonwealth) lainnya. Universitas di Kanada sebagian besar didanai oleh pemerintah, oleh karenanya Universitas-Universitas di Kanada secara konsisten memiliki kualitas tinggi.

Jumlah pelajar full time di Universitas berkisar dari antara 1.000 s/d 35.000 siswa. Selain itu, sebagian besar Universitas memiliki sejumlah besar pelajar part time atau pelajar pendidikan lanjut. Bachelor Degree lamanya 4 tahun di Kanada. Seperti halnya Amerika Serikat, Kanada juga mengenal sistem pathway melalui College, dimana siswa bisa memulai studinya selama 1-2 tahun di College terlebih dahulu, dan melanjutkan transfer ke Universitas.

Program Pascasarjana (Master Degree) di Kanada berkisar 2 tahun sedangkan untuk Ph.D. sekitar 3-4 tahun. Universitas juga menawarkan sertifikat dan gelar untuk profesional.

Biaya untuk Universitas beragam tergantung pada provinsi, lembaga, dan program studi, biasanya berkisar antara CAD 9.000 s/d CAD 26.000 per-tahun.

Masa studi biasanya berlangsung dari bulan September sampai Mei. Beberapa Universitas memiliki sistem semester atau trimester, dengan semua program yang tersedia bahkan di musim panas. Tidak ada tes masuk secara umum di Kanada. Setiap Universitas menetapkan standar masuk sendiri dan menilai kualifikasi aplikasi masing-masing individu.

4. University College

University College menggabungkan tradisi Universitas di Kanada dan College, di mana praktikal dan program akademik digabung dalam lingkungan kampus. Program yang ditawarkan seperti program degree, diploma, certificate, UTP, bahkan program English as Second Language (ESL). Kelebihan lainnya, yaitu adanya student support services yang kental dan kelas-kelas yang relatif kecil.

Biaya untuk University College umumnya sekitar CAD 25.000.

5. Career Schools

Career Schools merupakan Institusi Swasta di Kanada yang menawarkan program pelatihan dan yang berorientasi karir dengan mengajarkan keahlian praktis bagi pelajarnya. Program yang ditawarkan seperti multimedia, film, perhotelan, culinary, hair styling, termasuk adanya praktek keperawatan.

Biaya belajar di Career Schools berkisar dari CAD 8.000 s/d CAD 27.000.

Lokasi Kanada

Kanada merupakan negara terluas di Amerika Utara. Terbentang di sebelah Utara negara Amerika Serikat dengan memiliki 10 provinsi, dan 3 territori. Kanada menempati setengah dari utara Amerika Utara, serta berbatasan dengan Amerika Serikat di Selatan, dan Alaska di Barat Laut. Negara ini terbentang dari Samudera Atlantik, dan Selat Davis di Timur sampai ke Samudra Pasifik di Barat. Di Utara terdapat Laut Beaufort, dan Samudra Arktik, serta Tanah Hijau terletak di Timur Laut.

Iklim

Kanada memiliki 4 musim setiap tahunnya. Sebagian besar daerah di negara ini bersalju pada Musim Dingin.

Zona Waktu

Sebagai negara yang besar dan luas, Kanada memiliki 6 zona waktu yang berbeda. Di hampir semua tempat di Kanada diterapkan adanya Daylight Saving Time di Musim Panas dari minggu kedua bulan Maret sampai minggu pertama November, dengan menyesuaikan waktu menjadi 1 jam lebih awal.

  • Pacific Standard Time (PST): GMT-8 atau Indonesia WIB-15.
  • Mountain Standard Time (MST): GMT-7 atau Indonesia WIB-14.
  • Central Standard Time (CST): GMT-6 atau Indonesia WIB-13.
  • Eastern Standard Time (EST): GMT-5 atau Indonesia WIB-12.
  • Atlantic Standard Time (AST): GMT-4 atau Indonesia WIB-11.
  • Newfoundland Standard Time (NST): GMT-3 atau Indonesia WIB-10.

Masyarakat Kanada

Sebagian penduduk Kanada berasal dari keturunan imigran Inggris, Irlandia, dan Perancis. Disamping itu negara Kanada juga dihuni oleh banyak etnis, ini membuat Kanada menjadi negara dengan beraneka-ragam budaya. Bahasa kenegaraan adalah bahasa Inggris dan Perancis.

Transportasi Di Kanada

Kanada memiliki beberapa pilihan transportasi bagi penduduknya yang ditata dengan baik. Untuk jalur darat, dimana berbagai pilihan kendaraan, dimulai dari mobil dan bis yang memiliki fasilitas dan jaringan yang memadai. Jalur rel kereta api di Kanada juga nyaman dan aman, merupakan salah satu alternatif yang banyak digunakan oleh masyarakat. Dan untuk lintas provinsi juga ada jalur laut dengan menggunakan kapal ferry. Disamping ketiga sistem transportasi tadi, Kanada juga memiliki jaringan penerbangan yang ekstensif dan cepat dengan pilihan berbagai macam maskapai penerbangan.

Sistem Pemerintahan

Kanada terdiri atas 10 provinsi, dan 3 teritori. Kesepuluh provinsi tersebut adalah British Columbia, Alberta, Saskatchewan, Manitoba, Ontario, Quebec, Newfoundland and Labrador, New Brunswick, Nova Scotia dan Prince Edward Island. Sedangkan ketiga teritori yang terletak di paling Utara benua Amerika ini adalah Yukon, Northwest Territories dan Nunavut. Provinsi-provinsi di Kanada memiliki tingkat otonomi besar dari pemerintahan Federal.

Sebagai negara Persemakmuran (Commonwealth), pemerintah Kanada menjalankan sistem pemerintahan parlementer, yang dipimpin oleh seorang Perdana Menteri.

Provinsi-provinsi ini bertanggung jawab untuk kebanyakan program sosial Kanada (seperti perawatan kesehatan, pendidikan, dan kesejahteraan), dan bersama mengumpulkan banyak pendapatan dari pemerintah Federal, serta merupakan sesuatu yang unik di antara Federasi di seluruh dunia.

Tujuan Wisata

Kanada memiliki berbagai tujuan wisata menarik mulai dari wisata alam, budaya hingga kaya akan hiburan. Alamnya yang indah, kemajuan teknologi, infrastruktur yang tertata hingga penduduknya yang multi-budaya menjadikan Kanada sebuah negara wisata dunia.
Berikut ini adalah beberapa tempat wisata menarik :

1. Niagara Falls

Air terjun Niagara yang terdapat di perbatasan antara Amerika Serikat dan sebagian berada di Kanada ini dikenal sebagai salah satu dari tujuh keajaiban alam dunia, keindahan alam Air Terjun Niagara (Niagara Falls) terbentuk ketika gletser dari zaman es terakhir surut dan air dari Great Lakes diukir rute melalui tebing curam Niagara. Di sekitar lokasi sini juga terdapat banyak tempat menarik lainnya, seperti : Menara Skylon yang terkenal dengan ruang makan berputar, The Niagara Falls Aviary, Museum Aerospace, Daredevil tentang Niagara dan Museum Niagara.

2. Taman Nasional Jasper

Terletak di provinsi Alberta, taman nasional ini merupakan salah satu dari peninggalan bersejarah dalam daftar UNESCO (UNESCO World Heritage Site) sejak tahun 1984. Selain itu, tempat ini merupakan yang terbesar di antara Canadian Rocky Mountain Parks. Tempat wisata untuk segala kegiatan dapat dilakukan disini, seperti hiking, ber-ski, serta menikmati alam dan berbagai satwa seperti beruang, rusa besar (moose), kijang besar (caribou) dan serigala.

3. Vancouver dan Victoria

Kota metropolitan terbesar di Kanada bagian barat adalah Vancouver, yang berada di provinsi British Columbia. Vancouver dianugerahi penghargaan sebagai "The World's Most Livable Cities" versi The Economist Intelligence Unit 2014 sebagai salah satu kota dengan peringkat ketiga untuk kualitas hidup yang terbaik di dunia.

Ibukota dari provinsi British Columbia ini yaitu Victoria terletak di pulau Vancouver, merupakan salah satu dari Kepulauan Arctic Kanada di Nunavut dan Teritori Northwest Kanada sekaligus pulau terbesar di dunia. Kota Victoria dikenal sebagai kota pelabuhan yang banyak mempunyai nilai sejarah dan budaya. Dan di kota Victoria ini terdapat taman bunga (Buchart Garden) yang mempunyai ribuan jenis tanaman bunga sebagai salah satu taman bunga terindah di dunia.

4. Whistler

Whistler merupakan tempat yang menarik bagi para penggemar olahraga ski (ski di musim dingin, bersepeda gunung di musim panas) dan banyak dikunjungi mulai dari level pemula sampai ke profesional. Sebagai tempat pilihan untuk ber-ski di daratan Amerika Utara, Whistler pernah terpilih menjadi tuan rumah ajang olahraga bergengsi dunia yaitu Olimpiade Musim Dingin tahun 2010.

5. Toronto dan Calgary

Toronto adalah ibukota dari provinsi Ontario dan merupakan kota terbesar di Kanada. Kota ini terkenal dengan banyak bangunan bersejarah sampai modern, dikenal sebagai daerah industrial makanan dan minuman, dengan berbagai kegiatan rutin seperti festival tahunan, sampai dengan Institusi-Institusi yang terkenal di dunia. Di antaranya University of Toronto merupakan salah satu Universitas terbaik dunia. Selain itu, Toronto sebagai kota yang pernah diadakan mana diadakan International Film Festival ini menduduki posisi keempat pada "The World's Most Livable Cities" (kota paling nyaman untuk ditinggali) dari The Economist.

6. Quebec dan Montreal

Quebec merupakan provinsi terbesar di Kanada dan di provinsi ini memakai bahasa Perancis sebagai bahasa utama. Quebec terkenal sebagai penghasil sirup maple terbesar di dunia, dan di kota ini juga mempunyai banyak bangunan unik dengan arsitektur klasik dan modern yang berpadu menghiasi kemegahan daerah yang terkanl cukup dingin ini.

Kota terbesar di Quebec adalah kota Montreal, di mana terdapat Mount Royal Park, taman terbesar yang didesain oleh designer terkenal yang juga merancang New York's Central Park.

CESschoollogo
USCommercelogo
DewanBahasaInggrisIndologo
Cambridgelogo