INGGRIS

LUAS : 130,395 kilometer persegi.

IBU KOTA : London.

Hal-hal Dan Fakta Menarik Tentang Inggris

  • Inggris merupakan salah satu pusat sejarah, kesenian, kebudayaan.
  • Masyarakat yang multikultural, dari berbagai bangsa.
  • Mutu pendidikan yang bermutu dan bertaraf internasional.
  • Sistem pendidikan dengan program yang lebih intensif sehingga membuat waktu belajar lebih singkat dibandingkan dengan negara lain (lebih efisien waktu dan uang).
  • Disamping penguasaan suatu materi, sistem pengajaran dan pelatihan yang beragam dapat mendorong siswa mandiri dalam pemikirannya.
  • Biaya studi yang kompetitif.
  • Asuransi kesehatan gratis untuk pelajar internasional.
  • Inggris merupakan negara klasik yang memiliki banyak tempat wisata menarik.
  • Memiliki banyak sarana hiburan yang bervariasi, seperti teater, konser, galeri seni, pertandingan olahraga besar, restoran dan lain-lain.
  • Siswa dapat kesempatan untuk mengelilingi negara Eropah lainnya dengan biaya transportasi dan akomodasi khusus.

Sebagai negara maju yang berkembang pesat di Eropah, semua Perguruan Tinggi, Universitas, Sekolah dan Pusat Pengajaran bahasa Inggris di Inggris memiliki standar pendidikan kelas dunia yang didukung oleh pengajar berkualitas serta fasilitas yang bermutu. Inggris terkenal akan penelitian yang melibatkan para akademisi dan profesional di bidang industri terkemuka di dunia.

Biaya Hidup

Untuk hidup di kota besar seperti London membutuhkan biaya kurang lebih GBP 1.020 per-bulan, sedangkan untuk kota-kota lain dibutuhkan biaya sekitar GBP 820 per-bulan. Biaya yang disebutkan di atas sudah mencakup akomodasi, konsumsi, transportasi, telekomunikasi dan keperluan sehari-hari lainnya. Tentu saja, biaya ini akan bervariasi sesuai dengan gaya hidup masing-masing pribadi.

Ketentuan Belajar Di Inggris

1. Visa Pelajar & Asuransi Kesehatan

Siswa yang telah mendapatkan Full Acceptance Letter dari universitas yang dituju, dapat mengajukan visa pelajar yang hanya dapat diurus oleh Education Agent yang resmi dalam hal ini bisa menghubungi CES Education. Setelah melengkapi dokumen visa yang dibutuhkan, pemohon visa diwajibkan untuk diambil sidik jarinya dan difoto langsung di kantor perwakilan kedutaan Inggris (VFS).

Salah satu syarat untuk aplikasi visa pelajar adalah harus mengikuti TB Screening yaitu test kesehatan untuk mendeteksi adanya TBC dengan cara X-Ray bagian dada. Dan juga ada Credibility Check Interview pada saat mengajukan visa. Inggris juga memberikan asuransi kesehatan gratis (National Health Service) bagi pelajar internasional.

2. Akomodasi

Inggris memiliki banyak pilihan akomodasi yang baik untuk pelajar internasional yang kepengurusannya dapat dilakukan setelah diterima di Sekolah atau Perguruan Tinggi/Universitas yang dipilih.

(a). Akomodasi Sekolah atau Universitas (University Residence)

Biasanya Sekolah maupun Universitas menyediakan akomodasi untuk para pelajarnya. Fasilitas yang tersedia seperti tempat tidur, lemari penyimpanan untuk pakaian, meja dan lampu belajar, kursi, pemanas ruangan, dan rak buku. Beberapa juga dilengkapi dengan fasilitas kamar mandi di dalam kamar dan akses internet 24 jam.
Biaya akomodasi ini rata-rata GBP 100 s/d GBP 250 per-minggu.

(b). Menyewa Apartemen atau Rumah

Bagi siswa lebih dari 2 orang pelajar yang mau berbagi biaya akomodasi bisa menyewa apartemen (flat) atau rumah dengan minimum kontrak selama 1 tahun.
Biaya untuk menyewa apartemen atau rumah sekitar GBP 100 s/d. GBP 170 per-minggu. Besarnya biaya sewa tergantung dari besarnya apartemen atau rumah serta lokasi. Perlu diperhitungkan juga untuk membayar biaya listrik, pemanas ruangan, dan biaya telepon.

3. Kerja Sambilan

Pelajar yang belajar di Inggris lebih dari 6 bulan akan mendapatkan ijin untuk mencari kerja paruh waktu (part time job) maksimal 20 jam per-minggu selama masa belajar dan dapat bekerja full time selama masa liburan untuk jenjang S-1 atau S-2.

Gaji yang didapatkan selama kerja sambilan sekitar GBP 6 per-jam, untuk jam kerja malam hari (night shift) akan mendapatkan lebih dari GBP 8 per jam.

Pendidikan Di Inggris

Pendidikan di Inggris diatur dan diawasi oleh Department for Education dan Department for Business, Innovation and Skills. Otoritas lokal bertanggung-jawab menerapkan kebijakan untuk pendidikan dan Sekolah Negeri di tingkat lokal. Inggris mempunyai lebih dari 3.000 Institusi Pendidikan yang menerima pelajar internasional di berbagai level dengan ribuan pilihan bidang studi. Disamping itu terdapat beragam akses pendidikan dan pelatihan yang dapat dipilih dengan mengkombinasikan berbagai pilihan bidang studi sesuai dengan kebutuhan, minat dan kemampuan.

Sistem pendidikan di Inggris terbagi atas 4 bagian utama, yakni primary education, secondary education, further education dan higher education. Semua pelajar yang belajar di Inggris diwajibkan mengikuti pendidikan dasar dan menengah yang dimulai ketika berumur 5 tahun hingga umur 16 tahun.
Secara singkat sistem pendidikan dasar di Inggris dibagi menjadi tahapan penting atau "Key Stages" sebagai berikut:

  • Key Stage 1 (5 hingga 7 tahun).
  • Key Stage 2 (7 hingga 11 tahun).
  • Key Stage 3 (11 hingga 14 tahun).
  • Key Stage 4 (14 hingga 16 tahun).

Untuk Key stage 1 dan 2 biasanya berlangsung di Sekolah Dasar dan pada usia 11 tahun melanjutkan ke Sekolah Menengah dan menyelesaikan key stage 3 dan 4.

Pelajar akan dinilai pada akhir setiap tahap. Penilaian paling penting pada usia 16 ketika pelajar mengikuti GCSE atau General Certificate of Secondary Education. Setelah pelajar menyelesaikan GCSE, mereka memiliki pilihan untuk melanjutkan ke pendidikan lanjutan dan pendidikan tinggi, atau masuk ke dunia kerja.

Berikut ini penjelasan mengenai sistem pendidikan di Inggris :

1. Pendidikan Dasar (Primary Education)

Pendidikan dasar di Inggris dimulai pada usia 5 hingga usia 11 tahun, dan ini masuk dalam tahap Key Stage 1 dan 2.

2. Pendidikan Menengah (Secondary Education)

Dari umur 11 sampai 16 tahun, pelajar akan masuk Sekolah Menengah (tahap Key Stage 3 dan 4) untuk memulai mengambil GCSE. Pendidikan dasar dan menengah merupakan suatu kewajiban di Inggris; setelah usia 16 tahun, pendidikan seterusnya adalah opsional bagi pelajar. Pelajar biasanya mengambil sekitar 10 mata pelajaran yang dinilai (tergantung dari mata pelajaran yang diambil) melalui kombinasi dari tugas dan ujian tertulis.

3. Pendidikan Lanjutan (Further Education)

Setelah pelajar menyelesaikan pendidikan sekunder, mereka memiliki pilihan untuk memperpanjang ke pendidikan lanjutan untuk mengambil A-level, GNVQ's, BTEC's atau kualifikasi lain seperti IB (International Baccalaureate) dan Cambridge Pre-U.

Pendidikan lanjutan A Level biasa juga disebut sebagai Sixth Form berdurasi selama 2 tahun, 'A' Level (Advanced Level) biasanya diikuti oleh pelajar usia 16 tahun atau setelah mereka memperoleh GCSE. Pelajar biasanya mengambil 2 sampai 5 subyek 'A' Level yang merupakan syarat penerimaan untuk masuk ke Universitas. Setiap subyek dinilai melalui ujian tertulis, tugas atau keduanya.

Dengan sertifikat GCE 'A' Level, pelajar dapat melanjutkan belajar mereka ke Universitas ataupun College yang menawarkan program kejuruan.

Biaya untuk 'A' Level berkisar rata-rata GBP 45.000 s/d GBP 50.000 selama 2 tahun.

IB (The International Baccalaureate) setara dengan GCE 'A' Level dan banyak diminta sebagai kualifikasi untuk mendaftar di Universitas di Inggris. Ujian untuk kualifikasi ini dapat dilakukan di Sekolah Swasta atau Negeri yang ada di Inggris.

Persyaratan utama bagi pelajar yang merencanakan untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi atau Universitas, mereka harus menyelesaikan pendidikan lanjutan terlebih dahulu.

4. Program Lanjutan (HND) & Pra-Universitas (Foundation Studies)

Program lanjutan (HND atau Higher National Diploma) menawarkan program teknis dan keahlian, biasanya sekitar 1-2 tahun tergantung dari jurusan dan sertifikasi yang dipilih. Kualifikasi yang diperoleh adalah Certificate of Higher National Diploma atau Higher National Certificate.

Umumnya Universitas di Inggris mensyaratkan untuk pelajar lulusan SMA kelas XII dari Indonesia harus masuk program 'A' Level atau program Pra-Universitas (Foundation) sebelum meneruskan ke tahun pertama di Universitas (Undergraduate Degree). Bagi jurusan yang sulit seperti kedokteran dan hukum, apalagi untuk top Universitas di Inggris, pelajar internasional diharuskan masuk ke program 'A' Level selama 2 tahun sebelum masuk program Undergraduate.

Biaya untuk Program Pra-Universitas (Foundation) rata-rata sekitar GBP 13.000 s/d GBP 17.000 per-tahun.

5. Program Sarjana Profesional (Undergraduate Degree)

Sistem pendidikan Universitas di Inggris sudah mempunyai pengalaman dan pengetahuan yang sangat mendalam di bidang pendidikan. Penilaian dilakukan melalui kombinasi dari tugas, partisipasi di seminar, ujian tertulis dan disertasi. Setelah menyelesaikan program Sarjana (S-1), gelar yang didapat adalah Bachelor seperti B.A. (Bachelor of Arts), B.Eng. (Bachelor of Engineering) dan B.Sc. (Bachelor of Science).

Di Inggris, Irlandia Utara dan Wales, program Sarjana (S-1) pada umumnya diselesaikan dalam waktu 3 tahun. Di Inggris mengenal istilah 'sandwich program' dimana pelajar menyelesaikan studi 2 tahun di Universitas, lalu tahun ketiga mereka melakukan riset atau magang kerja di luar sekolah, kemudian pada tahun keempat mereka kembali ke Universitas untuk menyelesaikan S-1 mereka. Sementara di Skotlandia program S-1 pada umumnya berlangsung lebih lama, yaitu selama 4 tahun. Dan untuk program profesi seperti kedokteran berlangsung sekitar 5 sampai 6 tahun.

Bagi yang ingin mendaftar Undergraduate Degree, pelajar diharuskan mendaftar lewat program UCAS (Universities and Colleges Admission System) secara online.

Biaya kuliah di Universitas berkisar antara GBP 12.000 s/d GBP 20.000 per-tahun, untuk kedokteran, biaya kuliah berkisar GBP 15.000 s/d GBP 40.000 per-tahun.

6. Program Pascasarjana Profesional (Postgraduate Degree)

Program S-2 (Master) di Inggris biasanya membutuhkan waktu singkat sekitar 1 tahun, termasuk program MBA. (Master of Business Administration). Ini membuat pendidikan S-2 di Inggris menjadi sangat kompetitif dibandingkan dengan negara lain yang biasanya memerlukan waktu 2 tahun. Untuk program S-3 atau Doktoral (Ph.D.) waktu studi yang dibutuhkan yaitu 3 tahun.

Program MBA di Inggris diarahkan untuk meningkatkan kemampuan manajerial, kemampuan untuk menganalisa masalah-masalah yang kompleks dan kemampuan untuk membuat keputusan strategis. Terdapat beberapa program MBA yang didesain khusus untuk industri tertentu (keuangan atau ritel) atau sektor tertentu (asuransi dan kerugian pertahanan, e-business, public sector, dll).

Syarat masuk untuk Program MBA harus mempunyai pengalaman bekerja di posisi manajerial minimum 3 tahun; oleh karena itu biaya program MBA lebih tinggi daripada Program Master lainnya, berkisar antara GBP 15.000 s/d GBP 30.000 per-tahun.

 

Program Master secara umum terbagi dalam 2 macam yaitu :

1. Taught Program

Merupakan program akademik yang lebih mendetil untuk memberikan pendalaman terhadap pengetahuan di bidang studi yang dipilih sebelumnya di S-1. Beberapa program juga berfungsi sebagai 'conversion course' yang akan memperkenalkan Anda dengan bidang studi yang baru yang Anda ambil, apabila bidang studi tersebut berbeda dengan bidang studi S-1 Anda sebelumnya.

Taught course dibagi lagi menjadi 2 yakni Program Master yang biasanya berlangsung 1 tahun, terdiri dari pembelajaran di kelas, seminar dan disertasi; dan Program Diploma yang berlangsung 9 bulan terdiri dari elemen pengajaran yang sama dengan Program Master tetapi tanpa disertasi.

2. Research Program

Untuk Research Program, lama studi ditempuh rata-rata dalam 2 tahun. Ini merupakan program dimana 70% pembelajaran adalah riset di luar kampus seperti di lab, lapangan ataupun perusahaan; serta 30% lainnya siswa diminta untuk merumuskan suatu hipotesis dari riset yang dilakukan.

Program penelitian memberikan kesempatan dalam melakukan penelitian di bidang khusus yang diminati. Dalam menyusun topik penelitian di bawah pengawasan dari 1 atau 2 pembimbing yang mempunyai spesialisasi di bidang yang dipilih. Agar berhasil, kemampuan intelektual untuk mandiri merupakan salah satu syarat yang harus dimiliki para siswa, disamping itu para siswa dapat mengatur waktu dan jadwal penelitian yang berarti mempunyai pengelolaan waktu yang baik dan disiplin.

Biaya untuk Program Master berkisar GBP 12.000 sampai dengan GBP 20.000 per-tahun.

 

Distance Learning

Siswa dapat memilih berbagai jenis bidang pendidikan dan sistem pelatihan, menggabungkan berbagai bidang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Salah satu metode yang dapat diambil adalah sistem belajar jarak jauh (Distance Learning) di negara masing-masing. Sistem ini juga bisa mengambil banyak bidang untuk dipilih. Dengan beragamnya pilihan bidang khusus ini, siswa memiliki kemudahan untuk memilih bidang yang sesuai dengan keinginan mereka masing-masing.

 

English Language Course

Pengajaran bahasa Inggris diberikan pada semua tingkat pendidikan mulai dari pemula sampai dengan ahli, dan dalam hal ini Inggris memiliki metode yang sangat baik dalam memberikan pelatihan bahasa Inggris. Beberapa kursus mempersiapkan pelajar untuk belajar di area yang tertentu seperti kedokteran, hukum atau bisnis.

Sistem pengajaran biasanya lebih banyak berupa praktek, dimana siswa diharapkan aktif berkomunikasi dalam bahasa Inggris sejak pertama mulai kursus, terlibat dalam permainan, penyelesaian masalah dan diskusi untuk melatih kemampuan berbahasa Inggris.

Biaya untuk English Language Course berkisar GBP 150 per-minggu untuk kelas yang besar dan GBP 400 per-minggu untuk kelas yang lebih kecil dan intensif

 

Standar Mutu & Akreditasi Pendidikan Di Inggris

Standard mutu pendidikan sangat dijamin oleh pemerintah, oleh karena itu kualifikasi Inggris dikenal dan dihargai di seluruh dunia dengan kualitas tinggi.

Semua level pendidikan, terutama Undergraduate dan Postgraduate Degree harus melalui otorisasi DfES (Department of Education & Skills) maupun Royal Charter of Act of Parliament.

Beberapa Quality Assurance seperti TQA (Teaching Quality Assurance) setiap 4 tahun sekali menilai kualitas pengajaran pada mata kuliah yang spesifik. Dan juga RAE (Research Assessment Exercise) untuk menilai kualitas riset dari suatu Universitas. RAE merupakan acuan penting sebagai pertimbangan untuk studi Postgraduate di Inggris. Skala penilaian dari 1-5, semakin tinggi skala berarti semakin tinggi pendanaan Universitas tersebut terhadap riset pendidikan pada subjek tertentu.

Lokasi Inggris

Kerajaan Inggris merupakan salah satu negara terbesar dan kebudayaan tertua di Eropah, Inggris dikenal sebagai salah satu sumber ilmu pengetahuan, sastra, dan kesenian dunia.

Iklim

Inggris memiliki 4 musim setiap tahunnya, dan pada umumnya cuaca di sana cukup bersahabat. Musim Panas biasanya cukup sejuk dan Musim Dingin masih dalam batas normal. Kondisi musim agak berbeda tergantung pada masing-masing kota dan daerah.
Beberapa hal yang patut diketahui:

  • Cuaca cenderung berubah-ubah terutama di awal Musim Semi, dimana hujan, salju dan matahari, bisa terjadi pada hari yang sama.
  • Gunakan jaket yang cukup tebal dan tahan air.
  • Sedia payung karena diInggris kemungkinan hujan akan sering terjadi.
  • Pakailah pakaian yang berlapis karena cuaca yang sering berubah dalam sehari.

Zona Waktu

Inggris memiliki beberapa zona waktu sesuai dengan lokasi. Di musim panas, Daylight Saving Time (DST) diterapkan sehingga waktu setempat menjadi 1 jam lebih awal.

Masyarakat Inggris

Inggris merupakan salah satu negara modern yang memiliki beragam multi budaya. Kehidupan beragama di Inggris terlihat cukup harmonis dan walaupun sebagian besar beragama Kristen, namun penduduk beragama Islam juga mempunyai populasi cukup besar. Inggris salah satu negara di Eropah yang mempunyai mata uang tersendiri, yaitu Poundsterling, yang saat ini menjadi mata uang paling mahal di dunia.

Transportasi Di Inggris

Sistem transportasi di Inggris sangat muda dan terstruktur dengan baik. Inggris memiliki banyak pilihan transportasi seperti mobil, kereta, bis dan pesawat terbang. Transportasi kereta api di Inggris adalah yang tertua di dunia. Kereta api penumpang berasal dari Inggris pada tahun 1825. Terdapat juga transportasi kereta api yang menghubungkan akses ke Perancis dan Belgia melalui jalur kereta api bawah laut di Terowongan Channel.

Besarnya biaya tiket tergantung dari waktu akan melakukan perjalanan, tujuan dan berapa lama sebelumnya dalam pemesanan tiket. Khusus untuk pelajar tersedia diskon dalam pembelian tiket. Dan ini berlaku untuk semua pelajar yang belajar di Inggris.

Transportasi bis tersebar luas di seluruh Inggris, bis tingkat berwarna merah yang terdapat di London telah menjadi ikon transportasi Inggris.

Inggris memiliki jaringan penerbangan domestik dan internasional yang luas. Bandar udara terbesar adalah London Heathrow yang merupakan bandar udara tersibuk di dunia berdasarkan jumlah penumpang internasional.

Sistem Pemerintahan

Inggris merupakan negara kerajaan dengan kepemimpinan tertinggi dipegang oleh seorang Ratu atau Raja, sedangkan pemerintahan dijalankan oleh seorang Perdana Menteri.

Inggris yang sering dikenal dengan negara Britania Raya terdiri dari 4 negara bagian yaitu Inggris, Irlandia Utara, Skotlandia dan Wales.

Inggris diatur langsung oleh Parlemen Britania Raya, meskipun negara-negara Britania lainnya mempunyai pemerintahan sendiri (devolusi).

Tujuan Wisata

Inggris memiliki daya tarik pariwisata di masing-masing daerahnya, dan terkenal dengan kebudayaan klasik dan bersejarah yang tetap dipertahankan sampai saat ini, dan dipadu dengan kemajuan teknologi dan sistem yang modern. Beberapa tujuan wisata diantaranya :

1. London

London, sebagai ibukota negara merupakan pusat perekonomian dunia kedua setelah New York. Sebagai kota modern yang multi kultural, London memiliki banyak pusat budaya yang bersejarah dengan nilai seni yang tinggi. Dan di kota ini terdapat beberapa bangunan menarik sebagai landmark kota yaitu Big Ben, Tower Bridge, dan London Eye. Inggris juga memiliki banyak museum, dan yang paling terkemuka adalah British Museum di London. Museum ini memiliki koleksi lebih dari 7 juta obyek, dan museum ini merupakan salah satu museum terbesar dan terlengkap di dunia.

2. Liverpool

Kota Liverpool merupakan kota terbesar keempat dan dikenal sebagai kota pelabuhan. Liverpool merupakan kota yang beragam kebudayaan, mempunyai nilai seni dengan berbagai etnik menetap di kota ini. Dan disinilah lahir grup band terkenal the Beatles yang menjadi band kondang dunia. Komunitas Black African tertua di Inggris dan komunitas Chinese tertua di Eropah berada di kota ini.

CESschoollogo
USCommercelogo
DewanBahasaInggrisIndologo
Cambridgelogo