HONG KONG

LUAS : 1.104 kilometer persegi.

IBU KOTA : Hong Kong.

Hal-hal Dan Fakta Menarik Tentang Hong Kong

  • Hong Kong merupakan kota internasional dengan kharisma khas yang salah satu negara tujuan populer untuk belajar.
  • Toleransi budaya yang tinggi.
  • Hong Kong adalah negara yang memiliki pemandangan indah dengan lokasi belakang pegunungan dan lautan.
  • Bahasa Mandarin dan Inggris banyak dipakai di Hong Kong.
  • Biaya terjangkau dan ijasah yang diakui secara Internasional.
  • Hong Kong adalah salah satu pusat perdagangan dan keuangan dunia.
  • Busa saham Hong Kong terbesar ketujuh di dunia (2009).
  •  

Hong Kong adalah salah satu negara penghubung perdagangan utama dan pusat keuangan dunia, dan dianggap sebagai salah satu kota global. Kota ini menempati posisi kelima pada Indeks Kota Global 2014 setelah New York City, London, Tokyo and Paris. Kota ini memiliki pendapatan per kapita yang tinggi dan juga memiliki Indeks Pembangunan Manusia yang tinggi. Hong Kong adalah pusat keuangan ketiga terpenting setelah New York dan London.[16] Ekonomi berbasis jasa, dicirikan dengan pajak rendah dan perdagangan bebas, dan mata uang negara ini (Dolar Hong Kong) adalah mata uang paling banyak diperdagangkan kedelapan di dunia.

Hong Kong adalah pusat keuangan ketiga terpenting setelah New York dan London. Ekonomi berbasis jasa, dicirikan dengan pajak rendah dan perdagangan bebas, dan mata uang Dolar Hong Kong adalah salah satu mata uang paling banyak diperdagangkan di dunia.

Biaya Hidup

Biaya hidup di Hong Kong bervariasi sesuai dengan kediaman tempat penduduk tinggal dan gaya hidup masing-masing pribadi. Rata-rata yang diperlukan pelajar untuk hidup di negara ini berkisar HK$ 50.000 pertahun. Biaya ini diluar dari biaya pendidikan para siswa. Untuk info detil dapat menghubungi CES Education sebagai Agen Konsultasi Pendidikan Luar negeri yang bisa memberikan gambaran jelas tentang kebutuhan hidup di Hong Kong.

Ketentuan Belajar Di Hong Kong

Kabar baik bagi mahasiswa Internasional yang ingin kuliah di Hong Kong, Pemerintah Hong Kong telah mengeluarkan kebijakan terbaru yang disebut dengan Immigration Arrangement for Non-local Graduates (IANG), dimana lulusan baru Hong Kong diijinkan untuk menetap di Hong Kong selama 12 bulan setelah wisuda untuk mencari kerja.
Beberapa hal yang patut diketahui oleh para pelajar Internasional yaitu sebagai berikut :

1. Visa Pelajar

Seperti halnya dengan negara lain, untuk belajar di Hong Kong juga membutuhkan visa pelajar. Namun patut diketahui, Visa pelajar tidak mengijinkan pelajar Internasional bekerja di luar kampus. Para siswa asing diijinkan bekerja di dalam kampus dengan tidak melebihi 20 jam per minggu semasa semester berjalan. Pelajar Internasional diijinkan bekerja tanpa batasan waktu di masa Musim Panas. Jika siswa ingin mengambil program magang, mereka harus mengambil profesi yang sesuai dengan bidang studi yang diambil dan harus mendapatkan pengesahan dari universitas.

2. Akomodasi

Biaya akomodasi di Hong Kong tetap tidak semahal di kota-kota besar dunia lainnya, namun perlu mempersiapkan dana yang cukup. Ini dikarenakan Hong Kong adalah kota yang padat dengan populasi penduduk yang banyak. Untuk akomodasi sekitar HK$ 10,000 - HK$ 17,000 pertahunnya.
Untuk alternatif yang lebih murah bisa mencari asrama di dalam universitas yang biasanya disubsidi oleh pemerintah khusus untuk pelajar. Untuk tarif per kamar, bisa mencari informasi dengan langsung menghubungi universitas yang diminati, atau dapat menghubungi CES Education sebagai agen Konsultasi pendidikan Luar negeri yang berlisensi untuk segala informasi mengenai akomodasi.

(a). Akomodasi di dalam kampus (On-Campus Accommodation)

Kebanyakan institusi di Hong Kong memiliki asrama atau perumahan tersendiri. Pilihan ini merupakan pilihan paling ekonomis bagi ukuran pelajar. Rata-rata biaya akomodasi per semester adalah HK$5,000-HK$20,200. Kelebihan dari tinggal dalam kampus adalah para pelajar dapat merasakan kehidupan pelajar yang lebih nyata, dan tentu saja menghemat biaya transportasi dari tempat tinggal ke kampus.
Umumnya setiap asrama atau akomodasi yang disediakan oleh kampus/sekolah mempunyai fasilitas-fasilitas yang bermanfaat bagi para siswa..

(b). Akomodasi di luar kampus (Off-Campus Accommodation)

Di Hong Kong terdapat pilihan untuk menetap di luar kampus/sekolah, dan harga sangat bervariasi tergantung ukuran/luas serta lokasi dan gaya hidup masing-masing pelajar. Biaya sewa untuk apartemen beriksar HK$ 6,000 - HK$ 12,000 perbulan. Biasanya para pelajar memilih tempat di luar kampus agar bisa berbagi biaya sewa dengan pelajar lainnya.

3. Kerja Sambilan

Pelajar Internasional tidak diijinkan untuk bekerja sambil belajar di Hong Kong, kecuali pekerjaan tersebut memenuhi syarat bekerja untuk magang (Intership), kerja paruh waktu (part time dalam kampus atau kerja Musim Panas). Dan siswa hanya bisa bekerja di luar kampus jika mereka telah lulus dari masa belajar mereka.

Pendidikan di Hong Kong

Hong kong mempunyai kualitas yang sangat baik dalam pendidikan. Sistem pendidikan di Hong Kong dibuat kompetitif dan kualitas dari pendidik yang baik juga mendorong atmosfer belajar yang tinggi. Dan kini walau berada di bawah Pemerintahan China saat ini, sistem Pendidikan Hong kong masih mengadopsi struktur yang dibentuk oleh Pendidikan Inggris selain mengutamakan pengetahuan, juga mementingkan pembelajaran keahlian praktikal, kemampuan Interpersonal, isu-isu Sosial, budaya, serta penerapan pengetahuan pada praktek kerja riil.

1. Sekolah Dasar, Menengah & Kejuruan

Sekolah menengah dibagi menjadi dua tingkat: Junior dan Senior. Sekolah-sekolah menengah itu sendiri dibagi menjadi 3 kelompok. Tujuan pengelompokan ini adalah menentukan peringkat dalam urutan Prestise Akademik, dengan kelompok 1 yang paling bergengsi. Semakin baik peringkat pengelompokan dari sekolah, semakin besar kesempatan yang diperoleh untuk masuk ke Universitas bergengsi.

Akhir periode Sekolah Menengah ditandai dengan 2 ujian, Sertifikat Ujian Pendidikan Hong Kong (HKCEE) dan Pemeriksaan Tingkat Lanjutan Hong Kong (HKALE). HKALE ini mirip dengan ujian A-Level di Inggris, dan nilai yang diperoleh siswa menjadi faktor penting dalam proses penerimaan di universitas. Kurikulum sekolah umum Hong Kong diajarkan dalam bahasa Kanton, sebagian besar siswa Internasional dan expat di Hong kong mengikuti sekolah Swasta dan Internasional berdasarkan kurikulum dari negara asal mereka. Sekolah-sekolah ini dikelola oleh Fakultas yang sangat berkualitas di Hong kong maupun luar Negeri. Banyak dari sekolah ini mengikuti kurikulum International.

2. Baccalaureate (IB)

Baccalaureate (IB), Hongkong memiliki peringkat tinggi dalam PISA (Programme for International Student Assessment), program yang melakukan studi mengenai prestasi anak-anak berusia 15 tahun yang dilakukan oleh OECD, sebuah Organisasi yang menaungi perkembangan perekonomian dunia.

3. Universitas

Hong Kong memiliki 8 Universitas yang sangat kompetitif, yang semuanya memiliki ruang untuk siswa Internasional serta siswa lokal. Mereka juga menawarkan berbagai studi di luar negeri. Kuliah di Universitas Hong Kong membutuhkan biaya sekitar HK$ 70,000 - HK$ 120,000 pertahun.

Sistem pendidikan di Hong Kong mendapat dukungan dari Pemerintah dan Perusahaan Swasta, namun Universitas menawarkan berbagai Beasiswa dan bantuan paket keuangan. Dana Pemerintah dan Perusahaan swasta ini juga memastikan bahwa ada dana yang tersedia untuk pengembangan dan Penelitian Akademik.

Struktur perkuliahan tingkat Sarjana di Hong Kong sama dengan Struktur Inggris. Selain mengambil 'major' (jurusan utama), siswa juga diperbolehkan untuk mengambil 'minor' (konsentrasi lain dari jurusan utama). Program belajar pada umumnya berlangsung selama 4 tahun.

Beberapa Institusi juga menawarkan Program Gelar Ganda, dimana siswa mendapatkan 2 gelar pada saat kelulusan. Pada umumnya Program Gelar Ganda memakan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan program kuliah sarjana biasa.

Universitas Hong Kong menuntut kemampuan tingkat tinggi dalam bahasa Inggris, dan siswa yang berasal dari negara yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi harus mengambil Test Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (TOEFL) atau IELTS sebelum masuk ke Institusi di Hong Kong. Sekitar 66% dari siswa Hong Kong melanjutkan studi lebih lanjut setelah sekolah menengah.

Universitas di Hong Kong umumnya sangat tertarik untuk menerima mahasiswa Internasional, mereka sering menawarkan program beasiswa untuk membantu mendukung calon siswa luar negeri paling berbakat. Beasiswa bagi pelajar Internasional juga ditawarkan oleh pemerintah Hong Kong.

Walaupun sistem pendidikan Hong Kong mengadopsi struktur pendidikan Inggris, namun kebudayaan China (Kanton) masih mempunyai pengaruh yang kuat. Untuk bisa sukses, para siswa harus bekerja keras serta tidak mengabaikan nilai sosial. Siswa dituntut untuk belajar secara independen dan mencari bahan tambahan penunjang isi perkuliahan mereka.

Lokasi Hong Kong

Hong Kong terletak di Laut Tiongkok Selatan, di muara Pearl River Delta di pantai China Selatan. Keadaan geografisnya menjadikan Hong Kong sebagai pintu gerbang antara Timur dan Barat yang telah menjadi pusat aktivitas perdagangan internasional. Hong Kong memiliki Pelabuhan Victoria, yang selalu ramai dan indah. Pulau Hong Kong terletak di sebelah Selatan pelabuhan, sedangkan semenanjung Kowloon menjadi pantai utaranya. Di sebelah Utara Kowloon terdapat New Terriotories, dimana seluruh jalannya menuju dataran China.
Hong Kong terdiri dari Pulau Hong Kong, Kowloon, dan New Territories, dengan lebih dari 200 pulau lepas pantai, dan pulau Lantau adalah yang terbesar dimana terdapat Bandara Internasional Hong Kong sedangkan pulau Hong Kong terbesar kedua dengan populasi terbesar.

Sebagian besar daratan Hong Kong adalah pegunungan dengan kecuraman tajam, kurang dari 25% luas daerahnya yang terbangun, dan sekitar 40% sisa luas daratan dijadikan taman kota dan cagar alam.

Iklim

Hong Kong memiliki iklim sub-tropis dengan berbagai musim-musimnya yang berbeda.

  • Summer (Musim Panas) : Juni - Agustus
  • Fall (Musim Gugur) : September - November
  • Winter (Musim Dingin) : Desember - Februari
  • Spring (Musim Semi) : Maret - Mei

Zona Waktu

Hong Kong sama halnya dengan China memiliki zona waktu yaitu UCT (China Standard Time) GMT +8 yang berarti mempunyai perbedaan waktu 8 jam lebih awal dari Greenwhich Mean Time.

Masyarakat Hong Kong

Sekitar 93.6% penduduk Hong Kong merupakan keturunan Tionghoa dan kebanyakan diantaranya adalah orang Taishan, Chiu Chow, Kanton, dan Hakka. Suku Han di Hong Kong mayoritas dari provinsi Guangzhou dan Taishan di provinsi Guangdong. Dan sisanya sekitar 6,4% adalah non-Tionghoa. Beberapa diantaranya adalah orang India, Pakistan, Nepal, atau pengungsi Vietnam yang telah menjadi residen permanen di Hong Kong. Disamping ada juga sejumlah orang Inggris, Amerika, Kanada, Korea, dan Jepang yang bekerja di sektor komersial dan keuangan.

Bahasa resmi Hong Kong secara de facto adalah Kanton, sementara bahasa Mandarin dari provinsi Guangdong. Bahasa Inggris juga merupakan bahasa utama. Semenjak China (Tiongkok) mengambil alih, bahasa Mandarin berkembang pesat di negara ini.

Kebebasan beragama dijamin oleh Hukum Dasar Hong Kong. Agama utama di Hong Kong adalah Buddha, Taoisme dan Konfusianisme.

Transportasi Di Hong Kong

Hong Kong memiliki sistem transportasi dalam kota yang mapan dan modern yang terdiri dari kereta api, bis, tram, feri, dan taksi. Lebih dari 90% perjalanan penduduk sehari-hari bergantung pada transportasi umum, merupakan salah satu yang tertinggi di dunia. Hampir semua layanan transportasi dapat dibayar menggunakan sistem kartu bersaldo yang diperkenalkan oleh MTR.

Hong Kong dilayani oleh Bandara Internasional yang merupakan salah satu pintu masuk penumpang utama dan penghubung logistik besar di Asia, melayani lebih dari 47 juta penumpang dan mengangkut 3,74 juta ton kargo (data tahun 2007).

Perkiraan untuk biaya transportasi di Hong Kong untuk Train HK$ 25 perhari atau HK$ 600 perbulan.

Sistem Pemerintahan

Hong Kong (HK) merupakan wilayah administratif khusus (semacam Daerah Khusus) di Republik Rakyat China. Hong Kong menggunakan prinsip "satu negara, dua sistem", sistem politik dan ekonomi Hong Kong berbeda dengan pemerintahan China. Dengan menerapkan sistem demokrasi-kapitalis, Hong Kong menjadi salah satu pusat keuangan internasional terkemuka di dunia.

Sistem politik diatur oleh Hukum Dasar Hong Kong (Basic Law of Hong Kong), dokumen konsitusinya, yang memberi Hong Kong "otonomi tingkat tinggi" dalam semua aspek kecuali hubungan luar negeri dan pertahanan militer. Pemerintahan Hong Kong dipimpin seorang Kepala Eksekutif. Ia memimpin semua urusan pemerintahan, kecuali unyuk Hubungan Luar Negeri dan Pertahanan Militer yang dikendalikan langsung oleh Beijing (China).


Tujuan Wisata

Pariwisata adalah salah satu faktor penting dalam menumbuhkan perekonomian Hong Kong. Beberapa tujuan wisata menarik antara lain :

1.Kowloon

  • Tsim Sha Tsui
  • Avenue of Stars
  • Star Ferry.

2.Hong Kong

  • Victoria Peak.
  • Museum Madam Tussauds.
  • Victoria Harbour.
  • Pertunjukan Symphony of Lights.
  • Aberdeen.
  • Menara Bank of China.
  • Hong Kong Convention and Exhibition Center.

3.Lantau

  • Po Lin Monastery.
  • Tian Tan Buddha.
  • Tai O.
  • Hong Kong Disneyland & Resort.
  • Jembatan Tsing Ma.
  • Jembatan Ting Kau.
CESschoollogo
USCommercelogo
DewanBahasaInggrisIndologo
Cambridgelogo