AUSTRALIA

LUAS : 7.692.024 kilometer persegi.

IBU KOTA : Canberra.

Hal-hal Dan Fakta Menarik Tentang Australia

  • Australia merupakan salah satu "Negara Berbudaya Barat" berbahasa Inggris yang paling dekat dengan Indonesia
  • Letak geografis Australia yang relatif dekat dengan Indonesia dengan bervariasi kondisi iklim. Bahkan beberapa kotanya memiliki iklim yang tidak jauh berbeda dengan Indonesia.
  • Kondisi ekonomi dan sosial Australia stabil.
  • Mutu pendidikan yang tinggi dan diakui dunia internasional.
  • Masyarakat dan budaya Australia yang bersifat multi-budaya seperti di Indonesia.
  • Lingkungan hidup dan belajar yang nyaman dan aman.
  • Pelajar internasional mendapatkan perlindungan khusus di Australia (ESOS. Act.), yang memberikan tingkat jaminan yang tinggi terhadap kepastian kualitas, reputasi internasional dari Lembaga-Lembaga Pendidikan yang ada, serta perlindungan terhadap biaya pendidikan yang dibayar. Perlindungan ini berlaku bagi semua sektor Pendidikan dan Pelatihan di Australia.
  • Biaya studi yang kompetitif.
  • Ijin bekerja part-time s/d 40 jam per-dua minggu saat studi.
  • Mendapat kesempatan bekerja selama 2 tahun setelah lulus Sarjana / Pascasarjana dengan Post-Study Work Visa.
  • Pelayanan khusus yang disediakan oleh Lembaga Pendidikan Australia bagi Pelajar internasional.
  • Australia merupakan negara modern dan memiliki banyak tempat wisata yang menarik dan indah.

Biaya Hidup

Biaya hidup menetap di Australia bervariasi sesuai dengan kota di mana penduduk tinggal dan gaya hidup setiap pribadi. Untuk kota-kota besar seperti Sydney, Melbourne dan Brisbane memiliki biaya hidup yang lebih besar dibandingkan dengan kota lainnya.

Untuk hidup di sana setiap pelajar umumnya membutuhkan biaya berkisar antara AUD 1.000,- hingga AUD 2.000,- per-bulan. Biaya ini meliputi biaya akomodasi, makan, transportasi, telekomunikasi dan keperluan hidup sehari-hari lainnya. Jika Anda membawa keluarga, maka perlu menyediakan biaya tambahan sekitar AUD 7.000,- per-tahun bagi pasangan hidup Anda, dan sekitar AUD 4.000,- per-tahun untuk setiap anak. Perkiraan ini tidak termasuk biaya pendidikan anak. Biaya hidup di Australia bisa lebih mahal dibandingkan dengan biaya hidup di Indonesia, tetapi jumlah biaya yang diperlukan sangat bergantung pada gaya hidup dan jenis akomodasi yang Anda pilih.

Ketentuan Belajar Di Australia

Pemerintah Australia telah mengeluarkan peraturan bagi Pelajar Internasional yang berusia di bawah 18 tahun. Orang Tua atau Wali diharuskan untuk mengatur penyediaan tempat tinggal dan kesejahteraan bagi sang anak sebelum keberangkatannya ke Australia, serta melaporkannya kepada pihak Universitas yang dituju. Beberapa hal yang wajib diketahui untuk belajar di Australia:

1. Visa Pelajar & Asuransi Kesehatan (CRICOS & ESOS ACT)

CRICOS (Commonwealth Register of Institutions and Courses for Overseas Students) merupakan daftar semua kursus dan institusi yang diijinkan menerima Pelajar Internasional. Pelajar yang ingin mendaftar ke program studi yang masa belajarnya lebih dari 3 bulan perlu mendapatkan Visa Pelajar (Student Visa) Australia. Visa pelajar hanya dikeluarkan untuk program studi yang terdaftar dalam CRICOS. Masa berlaku visa pelajar diberikan sesuai dengan durasi program yang dipilih.

ESOS (Education Services for Overseas Students) Act merupakan undang-undang yang melindungi pelajar Internasional secara hukum atas jaminan kualitas pendidikan di Australia dan pengembalian biaya sekolah apabila institusi yang bersangkutan tidak dapat memenuhi kewajibannya.

Pada bulan Agustus 2005, DIMIA (Department of Immigration & Multicultural & Indigenious Affairs) Australia, memperkenalkan jenis Visa Pelajar baru yaitu “e-Visa atau Electronic Visa”. Tahun 2014, DIMIA berubah nama menjadi DIBP (Department of Immigration and Border Protection). Dimana kini proses permohonan dengan metode e-Visa dapat diselesaikan dalam kurun waktu yang biasanya lebih cepat dan lebih murah dibandingkan pengurusan seperti biasanya.

OSHC (Overseas Student Health Cover) merupakan asuransi kesehatan yang wajib dimiliki oleh semua pemegang Visa Pelajar Australia. Untuk mendapatkannya harus membeli dari Organisasi Kesehatan yang terdaftar, seperti Medibank Private, Worldcare Assist, Iman International, Australian Unity, BUPA Australia, dll. OSHC ini dibayarkan bersama dengan uang studi sebelum pelajar mengajukan Visa Pelajar. Adapun uang studi yang wajib dibayarkan sebesar total masa belajar masing-masing pelajar sesuai bidang yang diambil. Asuransi ini meliputi biaya dokter umum, perawatan inap rumah sakit dan resep obat, dan biasanya TIDAK TERMASUK perawatan mata dan gigi.Biaya OSHC berkisar sekitar AUD 500 s/d AUD 600 per-tahun.

2. Akomodasi

Tempat dan kenyamanan akomodasi merupakan hal penting yang harus dipertimbangkan oleh setiap pelajar, sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Adapun jenis-jenis akomodasi yang perlu dipertimbangkan pelajar Internasional di Australia adalah sebagai berikut :

(a). Akomodasi di dalam kampus (On-Campus Accommodation)

Banyak Lembaga Pendidikan / Universitas yang memiliki asrama khusus untuk para pelajarnya, yang dilengkapi dengan tempat tidur, ruang belajar, kamar mandi, tempat mencuci pakaian, dapur, serta ruang untuk berkumpul bersama. Sebagian besar asrama menyediakan makanan. Biaya akomodasi di dalam kampus berkisar antara AUD 230 s/d AUD 400 per-minggu.

(b). Tinggal Bersama Keluarga Australia (Homestay)

Homestay merupakan salah satu cara yang paling efektif bagi pelajar Internasional untuk melatih bahasa Inggris, disamping mereka mendapatkan pengalaman yang baik untuk mengenal budaya dan kehidupan sosial di Australia. Pelajar dapat menentukan homestay yang termasuk makan atau hanya kamar saja. Umumnya pelajar berumur di bawah 18 tahun dianjurkan untuk tinggal di homestay agar bisa mendapatkan pengawasan yang lebih dekat dari Orang Tua Asuh. Biaya homestay berkisar antara AUD 250 s/d. AUD 360 per-minggu (termasuk makan).

(c). Sewa Apartemen atau Rumah

Pelajar Internasional dapat menyewa apartemen atau rumah di luar kampus. Uang sewa yang dibayarkan sangat bervariasi sesuai dengan lokasi, luas, dan fasilitas. Banyak Pelajar Internasional menempati rumah atau apartemen secara bersama-sama (sharing), dan ini cukup meringankan biaya hidup karena berbagi biaya sewa dengan Pelajar lain. Biaya menyewa apartemen berkisar antara AUD 250 s/d AUD 550 per-minggu.

3. Kerja Sambilan

Salah satu keuntungan studi di Australia, para Pelajar Internasional yang memiliki Visa Pelajar dapat langsung memiliki Izin Kerja Terbatas (Limited Work Condition). Pelajar Internasional diizinkan untuk bekerja paruh waktu 40 jam per-2 minggu selama masa kuliah dan bekerja full time selama masa liburan. Dan bagi pelajar Pascasarjana (Postgraduate Students) mendapat izin kerja diberikan tanpa batasan waktu.

Dengan bekerja para pelajar akan mendapatkan uang saku dan menambah pengalaman serta wawasan hidup, kehidupan sosial yang lebih berkembang dan menjadikan para Pelajar hidup mandiri.

Besarnya salary yang didapatkan selama kerja sambilan rata-rata berkisar antara AUD 10 s/d AUD 15 per-jam. Bagi mereka dapat juga bekerja pada jam kerja malam hari (Night Shift) dan akhir pekan dan biasanya mendapatkan penghasilan lebih dari AUD 20 per-jam.

Pendidikan di Australia

1. Sekolah Dasar & Menengah

Sekolah di Australia dibagi menjadi 2 golongan yakni sekolah Negeri (yang dikelola pemerintah) dan Swasta. Keduanya menerima pelajar Internasional dan mendapatkan dana dari pemerintah. Kebanyakan sekolah bertipe co-educational 'menerima pelajar pria dan wanita' dengan pengecualian beberapa sekolah menengah Swasta. Sekolah-sekolah menengah Swasta biasanya tidak co-educational dan sering berafiliasi pada agama tertentu. Lebih dari 12.000 pelajar Internasional belajar di sekolah-sekolah Australia.

Secara umum, lamanya pendidikan dasar dan menengah di Australia sama dengan di Indonesia yaitu 12 tahun. Wajib belajar di Australia adalah sampai dengan kelas 10. Kelas 11 dan 12 disebut sebagai kelas Senior Secondary.

Setelah lulus dari kelas 12, pelajar akan mendapatkan kualifikasi Senior Secondary Certificate of Education dari negara bagian masing-masing, yang diakui untuk masuk ke Universitas di Australia maupun di mancanegara.

Biaya Primary dan Junior Secondary School berkisar antara AUD 10.000 s/d AUD 15.000 per-tahun; sedangkan biaya Secondary School sekitar AUD 14.000 s/d AUD 20.000 per-tahun.

2. Kursus Bahasa Inggris (ELICOS)

ELICOS (English Language Intensive Courses for Overseas Students) merupakan program Pelatihan Bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh Institusi khusus yang jumlahnya sekitar 160 Institusi di Australia. Biasanya bagi Universitas yang menyelenggarakan ELICOS, mereka mengakui nilai ujian ELICOS sebagai pengganti nilai IELTS™ atau TOEFL® yang merupakan persyaratan masuk Universitas. Oleh karena itu, Pelajar yang nilai IELTS™ atau TOEFL® di bawah persyaratan, disarankan untuk mengambil program ELICOS ini.

Selain Instruktur yang berpengalaman dan berkualitas, seluruh Pelajar dapat menggunakan fasilitas-fasilitas modern seperti laboratorium bahasa, fasilitas video dan perpustakaan, fasilitas pelajaran dengan bantuan komputer (computer assisted learning), dll. Pelajar dapat mendaftarkan diri untuk durasi belajar antara 4 sampai 48 minggu tergantung kebutuhan masing-masing.

Biaya untuk ELICOS rata-rata sekitar AUD 250 s/d AUD 450 per-minggu.

3. Pendidikan Kejuruan & Pelatihan (TAFE & VET)

Program studi kejuruan semacam Politeknik dikenal dengan nama TAFE (Technical And Further Education) milik Pemerintah, dan VET (Vocational Education & Training) milik Swasta atau juga disebut College.

Lulusan pendidikan kejuruan ini memperoleh kualifikasi di bawah AQF (Australian Qualification Framework)*, seperti:

  • 1. Certificate I
  • 2. Certificate II
  • 3. Certificate III
  • 4. Certificate IV
  • 5. Diploma
  • 6. Advanced Diploma.

Kualifikasi ini dapat digunakan untuk meneruskan ke tingkat Sarjana S-1 (Bachelor Degree) ataupun langsung melangkah ke dunia karir.

Biaya Pendidikan Kejuruan berkisar sekitar AUD 10.000 s/d AUD 27.000 per-tahun.

*AQF adalah suatu sistem nasional yang memberikan panduan terperinci semua kualifikasi dan tingkat pendidikan di Australia, untuk memastikan kontrol mutu pendidikan yang ditawarkan di semua negara bagian untuk semua pelajar termasuk pelajar Internasional. AQF mempunyai daftar Badan-Badan Akreditasi Pemerintah, Universitas yang disetujui, Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Kejuruan.

4. Program Pra-Universitas (Foundation Studies)

Program Pra-Universitas (Foundation) merupakan program studi persiapan intensif sebagai dasar dan jembatan yang mempersiapkan Pelajar untuk masuk ke Universitas, dengan durasi 6 sampai 12 bulan. Program Pra-Universitas (Foundation) ini dibagi menjadi beberapa cabang ilmu, seperti business, sciences, arts, design, media dan social sciences.

Biaya untuk Program Pra-Universitas (Foundation) rata-rata sekitar AUD 20.000 s/d AUD 32.000 per-tahun.

5. Program Sarjana Profesional (Undergraduate Degree)

Australia memiliki 37 Universitas Negeri dan 2 Universitas Swasta. Semua Universitas menawarkan lingkungan belajar yang menarik serta kualifikasi bermutu tinggi. Dalam tahun 2014 ada lebih dari 200.000 Pelajar Internasional dari 180 Negara belajar di Universitas-Universitas Australia menurut Austrade.

Kebanyakan Universitas Australia menawarkan kombinasi dari berbagai bidang studi, sehingga Pelajar dapat mendapatkan lebih dari satu kualifikasi gelar (Double Degree). Pada tahun terakhir program sarjana, pelajar dengan prestasi baik akan ditawarkan untuk menambah 1 tahun studi untuk mendapatkan gelar kehormatan (Honours). Bila lulus dengan nilai memuaskan (First Class Honours), maka pelajar berkesempatan untuk langsung melanjutkan ke program Doktoral, sehingga masa studi menjadi lebih singkat.

Setiap Universitas Australia memiliki keunggulan dan spesialisasi di bidang masing-masing, memberikan pelajar pilihan yang luas dan akses ke teknologi terbaru serta penelitian di bidang yang diminati. Sistem pendidikan Australia menitikberatkan pada pentingnya pengembangan kemampuan berpikir secara kreatif dan mandiri.

Kebanyakan Universitas Australia menawarkan kombinasi dari berbagai bidang studi, sehingga pelajar dapat mendapatkan lebih dari satu kualifikasi gelar (Double Degree). Pada tahun terakhir program sarjana, Pelajar dengan prestasi baik akan ditawarkan untuk menambah 1 tahun studi untuk mendapatkan gelar kehormatan (Honours). Bila lulus dengan nilai memuaskan (First Class Honours), maka pelajar berkesempatan untuk langsung melanjutkan ke program Doktoral, sehingga masa studi menjadi lebih singkat.

Internasionalisasi Perguruan Tinggi dan penelitian merupakan hal yang sangat penting dan Universitas-Universitas di Australia merupakan peserta utama dalam pendidikan dan proyek-proyek penelitian serta gagasan internasional.

Biaya kuliah di Universitas untuk mata kuliah berbasis non-riset laboratorium / Non-Lab Degree (Arts, Business, Economics and Law) biasanya berkisar antara AUD 21.000 s/d AUD 34.000 per-tahun. Sedangkan untuk Lab Degree (Science dan Engineering) sekitar AUD 23.000 s/d AUD 35.000 per-tahun. Khusus untuk program Medicine biaya kuliahnya berkisar antara AUD 55.000 s/d AUD 66.000 per-tahun.

6. Program Pascasarjana Profesional (Postgraduate Degree)

Program Pascasarjana ini terdiri dari Graduate Certificate (6 bulan), Graduate Diploma (1 tahun), Master Degree (1-2 tahun), Doctoral Degree (3-4 tahun). Di tahap Master Degree, Pelajar akan diminta membuat Skripsi (Thesis); sedangkan pada tahap Doctoral Degree, Pelajar akan diminta menyelesaikan Disertasi dari penelitiannya.

Kebanyakan Universitas Australia menawarkan kombinasi dari berbagai bidang studi, sehingga Pelajar dapat mendapatkan lebih dari satu kualifikasi gelar (Double Degree). Pada tahun terakhir program sarjana, pelajar dengan prestasi baik akan ditawarkan untuk menambah 1 tahun studi untuk mendapatkan gelar kehormatan (Honours). Bila lulus dengan nilai memuaskan (First Class Honours), maka pelajar berkesempatan untuk langsung melanjutkan ke program Doktoral, sehingga masa studi menjadi lebih singkat.

Biaya kuliah untuk program Pascasarjana (Graduate Certificate, Graduate Diploma dan Master) berkisar antara AUD 25.000,- s/d AUD 34.000,- per-tahun.

Syarat untuk Mendaftar Pelajar diwajibkan untuk memiliki level bahasa Inggris yang cukup baik, pengukurannya dapat dilihat dari nilai IELTS™ atau TOEFL®. Selain itu, nilai akademik pun dibutuhkan sebagai persyaratan diterimanya Pelajar baik di Sekolah maupun di Universitas. Untuk level Pascasarjana, kemampuan riset atau pengalaman bekerja di bidang tersebut juga akan dipertimbangkan sebagai syarat masuk.

Lokasi Australia

Negara Australia yang berdiam di benua dengan nama sama (benua Australia) terletak di sebelah Selatan Indonesia, dan merupakan benua yang terkecil dan menjadi pulau terbesar di dunia. Luas Negara ini sekitar 7,69 juta km2; terbentang sepanjang 4.000 km dari timur ke barat dan 3.200 km dari Utara ke Selatan. Australia merupakan salah satu anggota Persemakmuran Inggris (Commonwealth), dan merupakan Negara nomor 6 terbesar di dunia dari segi luas wilayah teritori.

Iklim

Karena letak benua Australia yaitu di belahan bumi bagian Selatan, negara ini memiliki musim yang bervariasi. Hampir tiga perempat dari Australia memiliki musim tropis, dan seperempat lainnya mengalami empat musim dengan periode yang berlawanan dengan musim di negara Eropah dan Amerika, yaitu :

  • Summer (Musim Panas) : Desember – Februari
  • Fall (Musim Gugur) : Maret – Mei
  • Winter (Musim Dingin) : Juni – Agustus
  • Spring (Musim Semi) : September – November

Zona Waktu

Australia yangbegitu luas membuat negara ini memiliki 3 zona waktu yang berbeda seperti Indonesia. Di beberapa tempat di Australia diterapkan adanya Daylight Saving Time di musim panas dari minggu pertama Oktober sampai minggu pertama April, dengan menyesuaikan waktu menjadi 1 jam lebih awal, dengan pembagian waktu sebagai berikut :

  • Eastern Standard Time (EST) : GMT +10 atau Indonesia WIB +3
  • Central Standard Time (CST) : GMT +9:30 atau Indonesia WIB +2:30
  • Standard Time (WST) : GMT +8 atau Indonesia WIB +1

Masyarakat Australia

Penduduk Australia berjumlah lebih dari 22 juta jiwa dan sebagian besar tinggal di kota-kota sepanjang pesisir bagian Timur menghadap Samudera Pasifik. Sebagian penduduk Australia berasal dari keturunan Inggris dan Irlandia, diikuti oleh Skotlandia, Italia, Jerman, China dan Yunani. Ini membuat Australia menjadi Negara dengan beraneka-ragam budaya. Bahasa kenegaraan Australia yang dapat julukan negara kangguru ini adalah bahasa Inggris.

Transportasi Di Australia

Australia memiliki sistem transportasi umum yang sangat baik dan luas, seperti bis, kereta, kereta listrik, kapal feri, dan tram (wilayah Melbourne, Adelaide dan pusat kota Sydney). Apabila sering menggunakan kendaraan umum secara teratur, akan menjadi lebih hemat dengan membeli tiket yang bisa dipakai berkali-kali (tiket multirider). Biaya taksi agak mahal di Australia dan tarif pada malam hari ada biaya tambahan.

Pemegang Visa Pelajar yang berlaku 12 bulan atau lebih diizinkan untuk mengendarai kendaraan di Australia dengan menggunakan SIM Internasional atau SIM Indonesia selama 3 bulan sejak kedatangannya. Setelah batas waktu 3 bulan, pelajar diharuskan untuk menggunakan SIM Australia, yang dapat diperoleh setelah mengikuti tes tertulis mengenai peraturan di jalan raya dan melengkapi persyaratan lainnya. Pemegang Visa Pelajar yang masa berlakunya kurang dari 12 bulan boleh mengendarai kendaraan dengan SIM Internasional atau SIM yang masih berlaku dari Indonesia tanpa harus mengganti dengan SIM Australia.

Sistem Pemerintahan

Pemerintah Australia menjalankan sistem pemerintahan parlementer, dengan 3 tingkatan :

  • Legislatif (Parlemen Australia)
  • Eksekutif (Dewan Eksekutif Federal)
  • Kejaksaan (Mahkamah Agung Australia)

Australia terdiri dari 6 Negara Bagian (State) dan 2 Teritori (Territory). Berdasarkan besarnya jumlah penduduk, urutan Negara-Negara Bagian dan Teritori tersebut adalah sebagai berikut :

1. New South Wales (NSW)

Negara Bagian tertua ini memiliki populasi terpadat dan merupakan daerah pertama yang dikembangkan oleh bangsa Eropa. Sydney sebagai Ibukotanya, adalah kota kosmopolitan yang menjadi tuan rumah Olimpiade tahun 2000 dan di tahun 2014 menjadi peringkat ketujuh untuk “The World’s Most Livable Cities” (kota paling nyaman untuk ditinggali) menurut badan

2. Victoria (VIC)

Victoria adalah Negara Bagian terkecil di Australia, tetapi merupakan negara bagian kedua terpadat penduduknya. Ibukotanya adalah Melbourne yang merupakan kota kosmopolitan kedua terbesar setelah Sydney. Kota ini pernah menjadi Ibukota Australia tahun 1901 sampai 1927. Dengan perpaduan gedung bergaya Victoria dan gedung pencakar langit yang modern, di tahun 2014 kota ini merupakan kota di peringkat pertama untuk kategori “The World’s Most Livable Cities” (kota paling nyaman untuk ditinggali) menurut badan survei The Economist Intelligence Unit. Iklim di negara bagian ini berkisar 15°C-30°C; dengan cuaca yang sulit diperkirakan, Negara Bagian ini memiliki julukan “Kota Dengan 4 Musim Dalam 1 Hari”.

3. Queensland (QLD)

Negara Bagian kedua terbesar dan memiliki penduduk terpadat ketiga ini memiliki 2 kota yang tidak asing lagi, yaitu Brisbane sebagai Ibukotanya dan Gold Coast di mana Warner Bros dan Movie World berada. Q1 Building, gedung tertinggi di Australia sekaligus adalah gedung residensial tertinggi di dunia ini juga terletak di Gold Coast. Iklim di Negara Bagian ini sekitar 14°C-29°C.

4. Western Australia (WA)

Western Australia adalah negara bagian terbesar, sepertiga dari Benua Australia. Perth sebagai Ibukotanya mendapat peringkat kesembilan untuk kategori “The World’s Most Livable Cities” (kota paling nyaman untuk ditinggali) menurut survey 2014 oleh The Economist Intelligence Unit. Negara Bagian ini sangat kaya dengan hasil pertambangan seperti besi, aluminium, minyak bumi dan gas; juga kaya akan hasil pertanian dan peternakan, seperti gandum, wol, daging domba dan sapi perah. Iklim di negara bagian ini rata-rata sekitar 15°C-27°C, tropis di bagian Utara dan lebih bervariasi di bagian Selatan dengan 4 musim.

5. South Australia (SA)

Ibukota Negara Bagian ini adalah Adelaide, dan di sini kekuatan ekonomi terbesarnya di bidang industri, teknologi pertahanan dan penelitian. Pabrik General Motor Holding produsen mobil Australia pun terletak di negara bagian ini. Olahraga yang paling digemari di negara bagian ini adalah Australia football atau dikenal dengan sebutan Aussie rules atau Footy, dengan jumlah partisipan terbanyak dari wilayah ini. Adelaide berada di peringkat kelima di dunia untuk kategori “The World’s Most Livable Cities” (kota paling nyaman untuk ditinggali) menurut survei terbaru 2014 oleh The Economist Intelligence Unit. Iklim di Negara Bagian ini berkisar antara 15°C-29°C.

6. Tasmania (TAS)

Tasmania merupakan sebuah pulau yang terletak di sebelah selatan dari daratan Australia, Ibukotanya adalah Hobart. Sejak 2002, pulau ini dapat diseberangi dari Melbourne dengan kapal feri bernama Spirit of Tasmania selama 10 (sepuluh) jam sampai ke Hobart; atau menggunakan pesawat terbang berdurasi hanya 1 (satu) jam. Hewan khas dari pulau ini yaitu Tasmanian Devil. Mengingat lokasinya di paling selatan maka iklim di negara bagian ini agak dingin, rata-rata berkisar 4°C-24°C.

7. Australian Capital Territory (ACT)

Pusat pemerintahan Australia terletak di Negara Bagian ini dan merupakan tempat para Kedutaan Besar. Ibukota negara, Canberra berada di sini. ACT mengalami 4 musim setiap tahunnya, hangat di musim gugur, panas kering di musim panas, sejuk di musim gugur, dingin dan kadang bersalju di musim dingin.

8. Nothern Territory (NT)

Negara Bagian ini memiliki keadaan alam yang bervariasi dari jajaran batu-batuan yang polos, ngarai yang besar, bukit-bukit pasir yang luas, laguna yang dalam, sungai, jurang serta bukit-bukit batu yang tinggi. Ibukota NT ialah Darwin, kota di Australia yang terdekat dengan Indonesia. Iklim di negara bagian ini berkisar antara 19°C-35°C.

Tujuan Wisata

Australia terkenal dengan berbagai lokasi wisata yang menarik dengan berbagai wisata alam, budaya dan banyak hiburan yang bisa dinikmati disana. Dengan alam yang indah, kemajuan teknologi dan infrastruktur dan penduduknya yang multi budaya menjadikan Australia selalu menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah beberapa tujuan wisata menarik yang patut diketahui di negeri kangguru ini;

1. Sydney

Negara Bagian tertua ini memiliki populasi terpadat dan merupakan daerah pertama yang dikembangkan oleh bangsa Eropa. Sydney sebagai Ibukotanya, adalah kota kosmopolitan yang menjadi tuan rumah Olimpiade tahun 2000 dan di tahun 2014 menjadi peringkat ketujuh untuk The World’s Most Livable Cities (kota paling nyaman untuk ditinggali) menurut badan

2. Melbourne

Merupakan kota yang memiliki banyak tempat untuk para penggemar budaya, pencinta olahraga, peminat fashion dan pecinta kuliner. Di Melbourne terdapat Federation Square, tempat yang kaya budaya kreatif dan kafe. Untuk menikmati pemandangan dapat berpesiar menyusuri Sungai Yara dan menjelajahi padang rumput serta danau di Taman Royal Botanic. Dengan suasana yang beragam dapat ditemui mulai dari South Yarra yang berkelas hingga tepi pantai St. Kilda dan Fitzroy. Selain memiliki pantai yang indah, di kota Melbourne juga dapat ditemui kilang anggur, galeri, padang golf di Semenanjung Mornington, serta suasana tepi sungai dari Southbank yang cantik.

3. Great Ocean Road

Great Ocean Road memiliki panjang 243 km dan jalan ini dibangun oleh para prajurit yang kembali dari Perang Dunia I (sekitar tahun 1919 sampai 1932). Untuk menjangkau tempat ini membutuhkan waktu sekitar 3 jam perjalanan dari Melbourne. Jalan ini menuju kepada Twelve Apostles, tempat dimana terdapat sekumpulan batu kapur sangat indah yang dibentuk melalui proses alam erosi air laut dan angin.

4. Cairns

Kota kecil dengan wisata alam yang sangat indah Great Barrier Reef. Di kota ini terdapat hutan tropis Daintree Rainforest yang luas dengan aneka keragaman hayati serta air terjun yang menarik.

5. Gold Coast

Lokasinya dekat Brisbane dan sangat terkenal dengan pantainya yang indah terutama untuk para pencinta olahraga surfing. Beberapa tempat menarik yang wajib diketahui adalah Surfers Paradise, Theme Parks, Warner Brothers, Dreamworld Studios, merupakan tujuan wisata yang menarik dan memiliki banyak kegiatan / pertunjukan untuk dilihat. Bagi yang ingin melihat pemandangan dari Brisbane sampai Byron Bay, dapat mengunjungi level 77 observation deck (‘dek observasi’) yang berada di Q1 Building, saat ini merupakan gedung residensial tertinggi di dunia.

6. Magnetic Island

Pulau yang terletak di sebelah timur kota Townsville ini hanya memiliki luas 52 km2 dimana 54% dari pulau ini adalah Taman Nasional Magnetic Island. Di pulau ini banyak ditemukan koala dan kangguru.

7. Tasmania

Tasmania adalah salah satu tempat wisata yang paling cantik di Australia, terkenal akan keindahan alamnya, yang memiliki pegunungan, gurun dan banyaknya laguna yang tersebar di setiap sudutnya. Di sini banyak ditemukan flora yang unik dan tempat di mana pohon tertua dan tertinggi di dunia berada.

8. Kakadu National Park

Kata Kakadu dari asal kata “Gagadju” yang adalah bahasa Aborigin. Taman Nasional Kakadu (Kakadu National Park) dikenal sangat kaya akan budaya Aborigin dengan lebih dari 5.000 tempat-tempat yang mengilustrasikan budaya orang Aborigin sejak ribuan tahun lalu, termasuk Aboriginal rock art. Beragam jenis flora dan fauna dapat ditemukan di tempat ini, serta memiliki pemandangan banyaknya air terjun yang sangat indah, dan memiliki area untuk camping yang menarik.

CESschoollogo
USCommercelogo
DewanBahasaInggrisIndologo
Cambridgelogo